____ Baca Baca: INDAHNYA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Untuk SD/MI Kelas I BSE_______welcome
Memuat...
Share |

Senin, 19 April 2010

INDAHNYA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Untuk SD/MI Kelas I

Download






Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang-Undang
INDAHNYA
BAHASA DAN SASTRA
INDONESIA
Untuk SD/MI Kelas I
Penulis : H. Suyatno
Ekarini Saraswati
T. Wibowo
Sawali
Sujimat
Editor : Farida Puji P.
A.K. Muryanto
Fajar Rachmawati
Perancang Kulit : W.D. Chandra
Layouter : Yuniar Adhi Anggoro
Ika K.
B. Sulistyo
Ilustrator : Sigit Dwi Nugroho
Sunardi
Tri Haryanto
Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.
Diperbanyak oleh . . . .
Hak Cipta Buku Ini Dibeli oleh Departemen Pendidikan Nasional dari
Penerbit PT Mentari Pustaka.
372.6
SUY SUYATNO, H
i Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia: Untuk SD/MI Kelas I/
Oleh H. Suyatno ... [et.al]; editor Farida Puji P., A.K. Muryanto, Fajar
Rachmawati — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
vi, 170 hlm.; ilus.; 25 cm.
Bibliografi: hlm. 170
Indeks:
ISBN 979-462-915-4
1. Bahasa Indonesia-Studi dan Pengajaran I. Suyatno
II. Farida Puji P. III. Rachmawati, Fajar IV. Muryanto, A.K.
indahnya bahasa dan sastra indonesia I iii
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan
karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional,
pada tahun 2008, telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis/
penerbit untuk disebarluaskan kepada masyarakat melalui situs internet
(website) Jaringan Pendidikan Nasional.
Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi
syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para
penulis/penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada
Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para
siswa dan guru di seluruh Indonesia.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada
Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (down load), digandakan,
dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun, untuk
penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi
ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Diharapkan bahwa buku teks
pelajaran ini akan lebih mudah diakses sehingga siswa dan guru di seluruh
Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri dapat
memanfaatkan sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada
para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaikbaiknya.
Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya.
Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.
Jakarta, Juli 2008
Kepala Pusat Perbukuan
kata sambutan
iv indahnya bahasa dan sastra indonesia I
salam kenal wahai sahabat
selamat bertemu di kelas satu
pasti sekarang kamu sudah siap
untuk menimba ilmu bersamaku
sahabatku yang berbahagia
ayo kita belajar dengan gembira
belajar bahasa dan sastra indonesia
bersama teman dan guru semua
ayo kita gunakan buku ini
banyak hal dapat kamu pelajari
mulai mendengar dan berbicara
hingga menulis dan membaca
ayo belajar sambil bernyanyi
serta menari dan menulis puisi
ayo belajar penuh semangat
agar menjadi anak yang hebat
yogyakarta juli 2008
penulis
indahnya bahasa dan sastra indonesia I v
halaman judul ....................................................................................... i
hak cipta .............................................................................................. ii
kata sambutan ..................................................................................... iii
kata pengantar ..................................................................................... iv
daftar isi............................................................................................... v
bab 1 keluarga
mendengarkan bunyi bahasa ................................................. 2
memperkenalkan diri .............................................................. 5
membaca suku kata kata dan kalimat ..................................... 9
menjiplak gambar lingkaran dan huruf .................................... 13
uji kemampuan ....................................................................... 17
bab 2 anak baik
melaksanakan perintah sederhana ......................................... 20
menyapa dengan santun ........................................................ 22
membaca nyaring suku kata kata dan kalimat ........................ 26
menjiplak dan menebalkan huruf ............................................ 30
uji kemampuan ....................................................................... 33
bab 3 teladan yang baik
mendengarkan cerita.............................................................. 36
mendeskripsikan benda benda di sekitar ............................... 38
membaca kalimat sederhana .................................................. 41
menulis huruf kata dan kalimat ............................................... 45
uji kemampuan ....................................................................... 48
soal ulangan blok semester 1............................................................... 51
bab 4 akhlak
mendengarkan cerita.............................................................. 56
mendeskripsikan anggota tubuh ............................................. 60
membaca nyaring................................................................... 63
menyalin puisi ........................................................................ 67
uji kemampuan ....................................................................... 68
bab 5 kegiatanku
mendengarkan perintah atau petunjuk .................................... 72
mendeklamasikan puisi........................................................... 74
membaca nyaring ................................................................ 78
daftar isi
vi indahnya bahasa dan sastra indonesia I
melengkapi kalimat berdasarkan gambar ............................... 80
uji kemampuan ....................................................................... 83
soal ulangan akhir semester 1 ............................................................. 85
bab 6 perbuatan baik
mendengarkan dan menyebutkan isi dongeng ....................... 90
melakukan percakapan sederhana ......................................... 93
membaca lancar 3 sampai 5 kata........................................... 95
menulis kalimat sederhana ..................................................... 97
uji kemampuan ....................................................................... 100
bab 7 lingkungan sekitar
mendengarkan deskripsi tentang benda ................................. 104
menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri .................. 108
membaca puisi 2 sampai 4 baris ............................................ 111
menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung .................... 113
uji kemampuan ....................................................................... 115
bab 8 maaf memaafkan
mendengarkan dongeng ......................................................... 118
memerankan tokoh dongeng .................................................. 121
membaca lancar 3 sampai 5 kata........................................... 124
menulis dengan huruf tegak bersambung ............................... 126
uji kemampuan ....................................................................... 128
soal ulangan blok semester 2............................................................... 131
bab 9 lingkunganku
mengulang deskripsi tentang benda benda ............................ 136
menyampaikan rasa suka atau tidak suka .............................. 139
membaca puisi ....................................................................... 142
menyalin puisi ........................................................................ 144
uji kemampuan ....................................................................... 146
bab 10 budi pekerti
mendengarkan deskripsi benda ............................................. 150
menjelaskan isi gambar .......................................................... 153
membaca lancar 3 sampai 5 kata........................................... 155
menulis kalimat sederhana ..................................................... 157
uji kemampuan ....................................................................... 160
soal soal latihan ulangan kenaikan kelas ............................................. 163
glosarium ............................................................................................. 169
daftar pustaka ...................................................................................... 170
hai teman teman
kenalkan namaku
zahra si anak yang
lincah
kalau aku anas
si anak yang pintar
ehm ehm
iya pintar bohong
hehehe benar kan
paman umar
hahaha
bisa saja kamu
ngomong ngomong kalian
akan belajar apa selain
berkenalan
belajar
membedakan bunyi lalu
membaca dan menjiplak
pokoknya gampang paman
jangan sombong anas
baiklah selamat belajar
ya anak anak
keluarga bab
1
2 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
ayo mendengarkan bunyi bahasa
sebelumnya duduklah dengan benar
perhatikan contoh
mendengarkan
bunyi bahasa
sikap duduk yang salah
• mengenal bunyi bahasa
• membedakan bunyi bahasa
• melafalkan bunyi bahasa secara tepat
gambar 1.1 belajar mengenal bunyi bahasa
sikap duduk yang benar
keluarga 3
a bi a mi a pi
ayo tutuplah bukumu
lalu tirukan ucapan guru
pa ku pa lu pa cu
u bi u mi u ni
ba tu ba ju ba ru
4 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
i na i ma i ba
i tu i bu i nu
coba tutuplah bukumu
lalu dengarkan dan tirukan
kata kata yang disebutkan guru
berlatih mandiri 1
• a ba a bi a bu
• i bu i nu i tu
• na na na ma na ga
• i kan i man i wan
• ba ju bi ru bu ru
• maju ma lu ma du
• mu ka mu da mu la
􀂫 􀂫
􀂫 􀂫
􀂫 􀂫
􀂫 􀂫
􀂫 􀂫
􀂫 􀂫
􀂫 􀂫
keluarga 5
ayo memperkenalkan diri di depan kelas
sebelumnya lakukan persiapan berikut ini
sikap berdiri
memperkenalkan
diri
• menyebutkan data diri (nama dan
kelas)
• membedakan bunyi bahasa
• melafalkan bunyi bahasa secara tepat
sikap berdiri yang benar
sikap berdiri yang salah
gambar 1.2 memperkenalkan diri di depan
kelas
6 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
selamat pagi
selamat pagi
apa kabar
nida
baik
kamu bagaimana
ya
terima kasih
aku juga baik
kita jalan sama
sama ya
kenalkan
namaku togar
kamu siapa
dapatkah kamu memperkenalkan diri
ayo berlatih dengan temanmu
contoh
rani bertemu togar
oh togar
aku anida
panggil saja
nida
keluarga 7
teman teman
nama ayahku johan sianipar
ibuku neli pardede
terima kasih
mengenalkan keluarga
dapatkah kamu mengenalkan keluargamu
ayo perhatikan contoh di bawah
coba majulah ke depan kelas
lalu perkenalkan dirimu
contoh
berlatih mandiri 2
teman teman
namaku firman
umurku 7 tahun
aku tinggal
di jalan sunda
nomor 9
halo
namaku ima
umurku 6 tahun
aku tinggal di desa
makmur
teman teman
ayahku bernama hendra
ibuku rahma kakakku hani
terima kasih
8 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
aku juga di sd 1
tapi yang sore
hai
selamat
pagi selamat
pagi juga
omong omong
kamu siapa
aku diana
dipanggil ana
kamu siapa
betul
berlatih mandiri 3
di sd 1 pagi
kalau kamu
o begitu
ternyata kita
satu sekolah ya
majulah ke depan kelas
coba perkenalkan keluargamu
bertanya jawab dengan teman
dua temanmu akan memeragakan
cerita di bawah ini
ayo perhatikan
kawan baru
aku ari purba
biasa dipanggil ari
ana sekolah di mana
keluarga 9
membaca
suku kata
kata dan kalimat
• mengenali huruf huruf dan
membacanya sebagai suku kata
kata dan kalimat sederhana
• membaca nyaring kalimat demi
kalimat dengan lafal dan intonasi
yang tepat
coba majulah bersama teman sebangkumu
lalu bercakap cakaplah seperti contoh
berlatih berpasangan
ayo belajar membaca
perhatikan sikap membaca di bawah ini
sikap membaca yang benar
gambar 1.3 belajar membaca suku kata
10 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
ba bi bu
kemudian lanjutkan membaca yang ini
b
p
a
a
sekarang bacalah huruf huruf ini
ayo perhatikan contoh dari guru
sikap membaca yang salah
a ba
i bu
u bi
ma mi mu
a mi
i ma
u mi
na ni nu
a na
i ni
u na
pa pi pu
a pi
i pa
u pi
m
b
i
u
n
n
u
i
n
keluarga 11
coba dengarkan guru membaca
lalu bacalah sendiri
berlatih mandiri 4
binu
ini binu
i ni bi nu
ini
papa
banu papa
ba nu pa bi
banu
bima
bima
pa ma
nani
ini nani
i ni na ni
ini
mama
umi mama
u mi ma na
umi
nani
nani
ma ni
12 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
a
pel
_ _ _
_ _ _
ma
_ _ _
_ _ _
_ _
bu _ _
_ _
_ _ _
gambar apakah ini
coba jawablah secara lisan
ucapkan dengan nyaring
lakukan bersama kelompokmu
berlatih kelompok
u
_ _ _
_ _
_ _ _ _
keluarga 13
cara memegang pensil
yang salah
cara memegang pensil
yang benar
menjiplak
gambar lingkaran
dan huruf
ayo perhatikan gambar di bawah
• menggerakkan telunjuk untuk
membuat berbagai bentuk garis dan
lingkaran
• memegang alat tulis dan
menggunakannya dengan benar
• mewarnai
sedang apa mereka
mereka belajar menggambar
ayo perhatikan cara mereka memegang pensil
gambar 1.4 belajar menjiplak huruf dalam
kalimat
gambar 1.5 belajar menggambar
14 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
sekarang perhatikan gambar di bawah ini
cara membuat lingkaran dan garis dengan telunjuk
ayo belajar seperti mereka
jiplaklah gambar di bawah
keluarga 15
coba jiplaklah gambar di bawah
jangan menggunakan penggaris
kemudian warnailah
ayo menulis huruf tegak
perhatikan tulisan di bawah
tebalkan lalu jiplaklah
berlatih mandiri 5
16 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba salinlah di buku tugasmu
kerjakan di rumah
ini ibu nina
ima mau ubi
iman minum
bima mana
mina main
berlatih mandiri 6
gambar 1.6 menyalin di buku tugas
keluarga 17
ayo menyilang ( X ) kotak jawaban yang benar
nina membaca ____
kubu
ukub
buku
3
4
nenek suka makan ____
umi
ubi
uni
uji kemampuan
1
aku punya teman baru
namanya ____
nani
abi
papa
2
aku memanggil adik ibuku
____
paman
mapan
napam
5
ira dan adiknya sedang
____ pasir
mian
main
nima
18 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
kamu sudah selesai belajar bab pertama
di kelas satu ini
sekarang coba jiplaklah gambar di bawah
lalu warnailah sesuai keinginanmu
refleksi
ayo salinlah di bukumu
1 ibu ani
2 ini papa binu
3 banu main api
4 paman ina
5 bibi uni
iya
paman kecapaian
coba tolong bacakan
petunjuk pemakaian
obat ini anas
beres bos
aku kan pintar
membaca nyaring
anas kalau menyapa
orang lain yang sopan dong
iya iya maaf
eh ada huruf huruf
kita tebalkan yuk
jangan anas nanti saja ya
saat pelajaran menebalkan
sekarang kalian pulang
belajar yang rajin ya
anak baik bab
2
aduh paman ini
kok bisa sakit
20 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
anak yang baik selalu cermat
ia dapat mengerjakan sesuatu dengan tepat
ia selalu memerhatikan perintah
kamu tentu juga begitu
sekarang dengarkan ucapan guru
tirukan dengan nyaring
lalu kerjakan
• mengucapkan kembali perintah
sederhana
• melakukan sesuatu sesuai perintah
melaksanakan
perintah
sederhana
anak anak
dengarkan perintah
ibu ya
baik bu guru
duduklah lihatlah ke atas
letakkan pensil
di atas bukumu
bukalah bukumu
ayo bertepuk
tangan bersama
teriakkan kata hore
dengan keras
gambar 2.1 mendengarkan perintah
anak baik 21
coba lakukan bersama teman sebelahmu
temanmu memberi perintah
kamu melakukannya
lakukanlah bergantian
contoh
berlatih berpasangan
duduklah dengan baik ucapkan selamat jalan
duduklah
dengan baik
mari berjabat tangan angkatlah kedua
tanganmu
selamat jalan
kek
22 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
bertemu ibu guru
pagi hari
bertemu ibu guru
siang hari
• menyapa dengan kata sapaan yang
benar
• menyapa dengan pilihan kata penunjuk
waktu yang tepat
• menyapa dengan sikap dan bahasa
yang santun
menyapa dengan
santun
selamat sore
nek
anak yang baik selalu sopan
ia pandai menyapa orang lain
menyapa artinya mengajak bercakap cakap
contoh menyapa antara lain
• mengucapkan selamat
• memohon izin
• mengucapkan terima kasih
ayo berlatih menyapa orang lain
peragakanlah
gambar 2.3 menyapa nenek pada sore hari
selamat siang bu
selamat pagi bu
anak baik 23
bertemu bapak guru
sore hari
bertemu bapak guru
siang hari
selamat
sore pak
selamat
siang pak
bertemu teman pagi hari bertemu teman di jalan
selamat
pagi nita
mau
ke mana fahri
diberi hadiah
karena menjadi juara
lewat di depan orang yang
lebih tua
terima
kasih ayah
selamat ya
kamu berhasil
menjadi juara permisi bu
silakan
24 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
berlatih mandiri
coba jawablah dengan baik
apa yang sebaiknya kamu ucapkan
pada saat saat berikut
menyapa kakek
yang baru datang
dari desa
_____________________
berpamitan kepada ayah
sebelum ke sekolah
_____________________
melihat ibu pulang
dari kantor
_____________________
bertemu penjaga sekolah
pagi hari
_____________________
anak baik 25
bertamu ke rumah teman
_____________________
pulang dari rumah teman
_____________________
meminta maaf
kepada teman
jika bersalah
_____________________
mengucapkan selamat
kepada teman
yang jadi juara
_____________________
berlatih berpasangan
coba peragakan
tugas pada pelatihan di atas
lakukan bersama teman sebangkumu
26 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
alangkah senangnya dapat membaca
kamu dapat memperoleh banyak ilmu
juga dapat menjadi orang pandai
ayo baca dan ingat ingatlah
• mengeja suku kata dan kata dengan
tepat
• membaca kalimat dengan nyaring dan
dengan lafal serta intonasi yang tepat
membaca
nyaring suku kata
kata dan kalimat
r p l
o d t k s e
e o k e t d
gambar 2.4 membaca kalimat dengan
nyaring di depan kelas
anak baik 27
ayo baca dengan lafal yang tepat
coba bacalah dengan nyaring
berlatih mandiri 1
jari
ja ri
jari
kado
ka do
kado
buku
bu ku
buku
susu
su su
susu
d da di du de do
r ra ri ru re ro
s sa si su se so
k ka ki ku ke ko
l la li lu le lo
j ja ji ju je jo
dasi
da si
dasi
sapi
sa pi
sapi
28 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba bacalah dengan baik
berlatih mandiri 2
roda
ro da
roda
ratu
ra tu
ratu
kera
ke ra
kera
raja
ra ja
raja
su mur
su ka
su ku
su rat
ka ki
ka li
ka tak
ka bar
do kar
do sa
do lar
do nal
ja rum
ja nur
ja
ja rak
lar
se nar
se lam
ser bu
ser ta
le le
le o
le bar
le pas
anak baik 29
je ruk
me rah
ker tas
tem bok
kur si
ro tan
de ras
ker ja
berlatih mandiri 3
dahlan membaca buku
dah lan mem baca bu ku
dahlan membaca buku
rudi makan sate
ru di ma kan sa te
rudi makan sate
coba bacalah sendiri dengan nyaring
fahri pergi mengaji
fah ri per gi me nga ji
fahri pergi mengaji
ibu membeli buah
i bu mem be li bu ah
ibu membeli buah
30 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
• menebalkan huruf dengan benar
• menulis huruf untuk melengkapi kata
rumpang
• menulis kata
menjiplak dan
menebalkan
huruf
anak yang pintar membaca
pasti pintar menulis
kamu tentu juga begitu
ayo kita berlatih
jiplak dan tebalkan
gunakan kertas tipis
gambar 2.5 menebalkan huruf
anak baik 31
coba lengkapi tulisan ini
berlatih mandiri 2
jeruk p i _ _ _ _ n _ n _ s
a _ _ _ a _ g _ _ _ _ _ m _ ng _ _
berlatih mandiri 1
coba jiplak lalu bacalah
32 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba kerjakan di rumah
perhatikan gambar di bawah
tulislah namanya di buku tugasmu
berlatih mandiri 3
anak baik 33
uji kemampuan
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
2
3
saya suka makan ____
mangga
pepaya
apel
4
aku minum susu ____
kuda
kambing
sapi
1
dini membawa ____
buku
kado
topi
ini gambar ____
buku
tikar
kipas
5
aku rajin ____ buku
membaca
menulis
mendengar
34 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
ayo tebak
gambar apakah ini
kamu telah belajar dengan baik
sebagai contoh adalah menulis
sekarang coba terapkan
tulislah kalimat ini
di bukumu
• adik minum susu
• paman naik kuda
• kakak makan sate
• aku menulis cerita
refleksi
lihatlah gambar ini
apa yang dilakukan rudi
4 5
________
3
________
2
________
1
teladan yang baik bab
3
omong omong
kamu sedang belajar
mendeskripsikan benda
dan membaca nyaring ya
wah asyik
jadi kakinya tidak
lelah berjalan
iya setelah ini
harus mencontoh huruf
aku rajinkan hehehe
sapu adalah alat untuk
membersihkan sampah
dan kotoran
tokoh cerita ini
namanya si boncel
dia punya sapu ajaib
36 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
ayo dengarkan cerita dari gurumu
tutuplah bukumu selama mendengarkan
• menyebutkan nama nama tokoh
• menyebutkan sifat atau watak tokoh
• memahami jalan cerita
mendengarkan
cerita
dengarkanlah
cerita nenek
ini
ani dan burung kecil
ayah ani meletakkan
burung itu dalam kotak
setiap hari ani
memberinya makan
ia juga memberinya minum
alhamdulillah akhirnya luka
burung itu sembuh
ani menemukan burung kecil
sayap burung itu terluka
ibu ani mengobati lukanya
gambar 3.1 mendengarkan cerita
teladan yang baik 37
ani ingin burung itu
dipelihara dalam sangkar
ibu dan ayah menasihati ani
burung lebih suka
hidup di alam bebas
akhirnya ani mengerti
burung kecil itu dilepaskan
coba dengarkan pertanyaan guru
jawablah sesuai isi cerita
• siapa yang menemukan burung kecil
• bagaimana sifat ani
• di mana ayah ani meletakkan burung kecil
• kapan ani memberi makan burung kecil
• mengapa ani melepaskan burung kecil
berlatih mandiri 1
coba dengarkan ucapan guru
kemudian tirukan dengan nyaring
lakukan bersama teman temanmu
berlatih kelompok 1
disarikan dari cerita ani dan burung kecil
karya raihana penerbit adicita tahun 2004
38 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
• menyebutkan nama nama benda di
sekitar
• menyebutkan ciri dan kegunaan
benda benda di sekitar
mendeskripsikan
benda benda
di sekitar
sebutkan nama
benda ini
tulis di
bukumu ya
itu pensil
untuk menulis
menyebutkan nama benda
• ani anak yang baik
• dia merawat burung
yang luka
• setiap hari ani
memberinya makan
• ani juga memberinya
minum
• akhirnya luka burung
kecil itu sembuh
ani anak
yang baik
gambar 3.2 menyebutkan nama benda
dan kegunaannya
teladan yang baik 39
mari bermain
coba buatlah kelompok bersama tiga temanmu
salah satu menyebutkan ciri benda
yang lain berebut menjawab
contoh
benda apa yang
dipakai untuk menulis
pensil
berlatih kelompok 2
40 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
berlatih mandiri 2
coba jelaskan ciri benda di bawah ini
buatlah seperti yang diucapkan gurumu
contoh
• ini kursi
• dibuat dari kayu
• kursi digunakan untuk
duduk
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
• _______
teladan yang baik 41
ayo membaca nyaring
• mengeja suku kata dan kata dengan
tepat
• membaca kalimat dengan nyaring dan
dengan lafal serta intonasi yang tepat
membaca
kalimat
sederhana
gambar 3.3 membaca di depan kelas
c ca ci cu ce co
h ha hi hu he ho
g ga gi gu ge go ny nya nyi nyu nye nyo
ng nga ngi ngu nge ngo
f fa fi fu fe fo
y ya yi yu ye yo
w wa wi wu we wo
42 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
gambar apakah ini
coba bacalah dengan nyaring
ru mah
rumah
rumah
da ging
daging
daging
bu nga
bunga
bunga
wa jah
wajah
wajah
a yah
ayah
ayah
ga ding
gading
gading
tang ga
tangga
tangga
yo yo
yoyo
yoyo
wa yang
wayang
wayang
berlatih mandiri 3
a yam
ayam
ayam
teladan yang baik 43
berlatih mandiri 4
coba bacalah dengan nyaring
gunakan lafal dan intonasi yang tepat
ani menari bali bayu memainkan yoyo
cici membawa bunga rio berpakaian adat
minang
penari memakai topeng ibu memakai payung
44 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
naik delman
pada hari minggu
kuturut ayah ke kota
naik delman istimewa
kududuk di muka
kududuk samping pak kusir
yang sedang bekerja
mengendali kuda
supaya baik jalannya
hai
tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk
tuk tik tak tik tuk tik tak suara sepatu kuda
berlatih kelompok 3
bacalah teks di bawah ini
lakukan bersama tiga temanmu
lalu nyanyikanlah bersama sama
karya pak kasur diambil dari http://bawana.wordpress.com,
diakses 4 Juli 2008
teladan yang baik 45
ayo berlatih
mencontoh huruf huruf di bawah ini
tuliskan di buku tulis halusmu
orang orang hebat pandai menulis
mereka berusaha menulis dengan rapi
kamu tentu juga dapat menulis dengan rapi
asalkan kamu rajin berlatih
menulis huruf
kata dan
kalimat
• mencontoh huruf kata dan kalimat
• menulis kata berdasarkan gambar
• melengkapi kalimat yang rumpang
berdasarkan gambar
gambar 3.4 menulis kata sesuai gambar
46 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
jiplaklah kata kata berikut
lalu bacalah
berlatih mandiri 5
teladan yang baik 47
coba lengkapi kalimat di bawah ini
lalu bacalah
ce_ _ _ makan
nya _ _ _
buru _ _ makan
_ _ _ _ _ _
ini _ _ _ _ _
mi_ _ _ _
kakak sedang
me_ _ _ _ _ _
berlatih mandiri 6
kelela _ _ _
_ _tam
wawan main
la_ _ _ _ la_ _ _ _
48 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
uji kemampuan
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
1
2
temanmu menjadi juara
kamu mengucapkan
____
selamat ya
hati hati ya
mau ke mana
kita harus ____ pada
adik dan kakak
benci
sayang
marah
3
4
anak baik tidak boleh
____
bohong
jujur
sopan
anak ____ dijauhi
teman
hemat
pandai
serakah
teladan yang baik 49
5 kita harus ____ kepada
teman
sayang
nakal
benci
ayo melengkapi kalimat sesuai gambar
1 2
____ makan ____ pak tani bekerja di ____
3
____ makan ____
4
____ terbang di atas ____
5
irma belajar ________
50 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
refleksi
banyak pengetahuan yang kamu pelajari
membaca dan menulis itu pasti
coba tulis puisi ini
lalu bacalah bersama tiga temanmu
tuhanku
aku berdoa kepadamu
lindungi ayah ibuku
jagalah ayah ibuku
karena mereka
telah merawatku
karya pradipta permata
soal ulangan blok semester 1 51
soal ulangan blok semester 1
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
1
ibu sedang ______
memasak
membaca
menulis
2
toni memakai ______
peti
roti
topi
3
______ azizah sakit
koki
kaki
kaku
4
______ punya ekor
tikus
kardus
sirkus
5
______ terbuat dari
kertas
kapas
kipas
kilas
52 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
6 9
ini ______ tangan
lari
tari
jari
8
rafli main ______
sepak bola
pasak bola
rampak bola
kursi dibuat dari ______
kertas
kayu
daun
10
ini ______
untuk mengambil air
ember
lembar
emper
11 supaya sehat aku
______ susu
12 sapi mempunyai
______ kaki
dua
tiga
empat
7
ini buah ______
kepala
kelapa
ketela
makan
minum
melihat
soal ulangan blok semester 1 53
13
ini kakek
kakek sedang ______
sehat
sakit
sedih
14
umi ______ buku
membeli
membuang
membawa
15
cecak ______ di dinding
berjalan
melompat
merayap
ayo jawablah dengan benar
1 nita ______ namamu
ani namaku ani
2 kamu bertemu guru
siang hari
kamu berkata ______ dinda memberi sedekah
kepada ______
3
54 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
4 kamu diberi hadiah
oleh ayahmu
kamu berkata ______
5
lili sedang ______
6 deni mendapat juara
hatinya pasti ______
7
kursi dipakai untuk
______
8
namaku ______
aku berkaki ______
punggungku berkulit
______
ani sedang merapikan
______
10 coba salinlah puisi ini
bulan
kau adalah ratu
malam
sinarmu begitu
menawan
hingga malamku
menjadi terang
karya fara
9
akhlak 55
si buta dari gua hantu
memang hebat
dia sakti sekali
padahal matanya
tidak dapat melihat
membaca cerita
dengan nyaring
lebih asyik lho
setelah itu
belajar mendeskripsikan
benda dan menyalin
puisi ya
tenang saja paman
serahkan semua pada
anas hehehe
bab akhlak
4
itu karena bantuan
kliwon kera si buta yang
baik dan pintar
56 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
• menyebutkan nama nama tokoh
• menyebutkan sifat atau watak tokoh
• memahami jalan cerita
mendengarkan
cerita
tokohnya singa
dan kelinci
ayo dengarkan dengan cermat
cerita yang akan dibacakan gurumu
tutuplah buku ini
pong anak nelayan
di desa nelayan hiduplah pong
pong sangat menyayangi ayah ibunya
ayah dan ibu pong sudah tua
pong begitu sabar merawat mereka
suatu malam pong mencari ikan
namun ombak besar menghantam
perahunya
perahu pong rusak
pong tenggelam ke dasar laut
sampailah pong di istana raja ikan
selamat datang anak muda
maukah kamu jadi temanku
jika mau
sekantung perhiasan ini untukmu
sapa raja ikan ramah
gambar 4.1 menyebutkan nama nama
tokoh cerita
akhlak 57
namun pong menolak dengan
sopan
ia ingin kembali ke rumah
ia ingin merawat ayah ibunya
sampai di rumah pong terkejut
raja ikan sudah menunggunya
tadi aku hanya mengujimu
kamu lebih sayang harta
atau ayah ibumu
ternyata kamu anak baik
kamu lebih memilih ayah ibumu
ini aku berikan hadiah untukmu
kata raja ikan
pong sangat bahagia
begitu pula ayah dan ibunya
coba dengarkan pertanyaan guru
lalu jawablah secara lisan
• siapa nama anak nelayan
• ke mana pong mencari ikan
• apa yang terjadi dengan pong
• mengapa pong kembali ke rumah
• bagaimana sifat pong
berlatih mandiri 1
disarikan dari cerita pong anak nelayan karya nurul ihsan
penerbit syaamil cipta media tahun 2006
58 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba majulah ke depan kelas
lakukan bersama teman sebangkumu
ceritakan kembali isi dongeng tadi
jika lupa temanmu dapat membantumu bercerita
berlatih berpasangan 1
gambar 4.2 menceritakan kembali isi dongeng
ia sangat
menyayangi
ayah ibunya
di desa nelayan
hiduplah pong
akhlak 59
musang hai angsa
mau ke mana
angsa mau jalan jalan
mencari cacing
untuk makan
musang tidak usah repot
karena hari ini
aku akan memakanmu
angsa jangan makan aku
aku masih kecil
angsa berlari ketakutan menuju danau
musang hai mau lari ke mana kau
musang ikut melompat ke danau
ia lupa tidak bisa berenang
musang hap hap hap
tolong tolong tolong
akhirnya musang tenggelam
dia gagal menangkap angsa
karya farid
berlatih kelompok 1
coba peragakan tokoh cerita berikut
lakukan bersama dua temanmu
angsa dan musang
60 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
tuhan sangat baik
kita diberi anggota tubuh
semua ada gunanya
ayo lihat gambar di bawah
kemudian ucapkan nama anggota tubuh
yang ditunjukkan oleh gurumu
• menyebutkan nama nama anggota
tubuh
• menyebutkan guna anggota anggota
tubuh
mendeskripsikan
anggota tubuh
ini hidung
untuk bernafas
gambar 4.3 menyebutkan nama anggota
tubuh dan kegunaannya
rambut
mata
hidung
telinga
mulut
leher
tangan







akhlak 61
menyebutkan nama dan guna anggota tubuh
bercakaplah tentang bagian tubuh
misalnya mata hidung telinga
apa ini
apa gunanya
itu mata untuk melihat
berlatih mandiri 2
apa guna bagian tubuhmu
coba tariklah garis yang menunjukkan
guna tiap anggota tubuh
kemudian ucapkan dengan nyaring
contoh

tanganku ada dua
gunanya untuk menulis
62 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
__________
__________
__________
__________
__________
__________
__________
__________
__________
__________
akhlak 63
coba kerjakan bersama tiga temanmu
tulis kembali teks lagu ini
lalu nyanyikan bersama sama
kepala pundak lutut kaki
kepala pundak
lutut kaki lutut kaki
daun telinga mata
hidung dan pipi
karya pak kasur
berlatih kelompok 2
membaca banyak gunanya
dengan membaca kita mendapat banyak ilmu
• mengeja suku kata dan kata dengan
tepat
• membaca kalimat dengan nyaring dan
dengan menggunakan lafal serta intonasi
yang tepat
membaca
nyaring
gambar 4.4 membaca dengan nyaring
64 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
zeb ra
zebra
zebra
f fifi
q qaqa
z zaza
v vivi
sekarang tebaklah gambar ini
lalu bacalah tulisannya dengan nyaring
fafa fafi fafu
qiqi qaqu qaqo
zeze zazu zizi
vavi vuvu vove
so fa
sofa
sofa
ayo berlatih membaca
ra dio
radio
radio
fo sil
fosil
fosil
ves pa
vespa
vespa
fa kir
fakir
fakir
akhlak 65
coba bacalah dengan teman sebangkumu
lakukan bergantian baris demi baris
perhatikan lafalnya
fifi – pipi
vas – pas
berlatih berpasangan 2
kafan – kapan
vila – pilar
hafal – kapal
vena – pena
fitri – patri
quran – koran
aziz – najis
azab – asap zakat – sakit
zaman – jamak
zona – soja
volume – polusi
nova – rupa
bazar – pasar
zat – cat
fokus – vokal
66 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
• siapakah teman aziz ________
• apa kegemaran fifi viva dan aziz ________
• di mana mereka melukis ________
• apa yang mereka lukis ________
• seperti apakah tubuh zebra ________
coba bacalah dengan nyaring
kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya
berlatih mandiri 3
melukis zebra
ini fifi dan viva
mereka teman aziz
fifi viva dan aziz
suka melukis
mereka ke kebun binatang
mereka melukis zebra
zebra itu dari afrika
tubuh zebra seperti kuda
akhlak 67
ke kebun binatang
• menyalin puisi dengan huruf lepas
• membaca puisi yang telah disalin
menyalin puisi
ayo kawan
ke kebun binatang
melihat monyet singa
dan zebra
juga gajah kijang dan rusa
kita gembira sambil belajar
alangkah kaya alam kita
karya fajar dinda mutiara
ayo belajar menyalin puisi ini
kemudian bacalah
gambar 4.6 belajar menyalin puisi
aku akan
belajar menyalin
puisi
68 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba carilah sebuah puisi di koran
misalnya puisi tentang
• allah maha pencipta
• orang tua
• saudara
• teman teman
• atau yang lainnya
salinlah puisi tersebut
gunakan huruf lepas
jika sudah selesai
bacakan di depan kelas
pada pertemuan berikutnya
uji kemampuan
1
itu gambar _____
singa
zarafah
zebra
2
latifah menonton _____
televisi
radio
lemari
berlatih mandiri 5
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
akhlak 69
3 kita melihat gajah dan
singa di _____
kebun binatang
taman bunga
lapangan
4 aku mendengar
dengan _____
mulut
hidung
telinga
5 aku berjalan dengan
_____
kaki
tangan
kepala
mata aku gunakan untuk
______
ayo melengkapi kalimat
1 2
kita harus rajin ______
supaya pintar
3
uni sedang
menggosok ______
4
singa melompat ke dalam
______
70 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
5 pohon ditanam
di ______ jalan
berbagai pengetahuan kamu peroleh
pengetahuanmu itu perlu diasah
misalnya dengan menyalin puisi ini
refleksi
televisi
televisiku
hadiah dari ayahku
dibeli dua bulan lalu
televisiku
engkau sungguh berguna
memberiku hiburan dan pengetahuan
kegiatanku bab
5
oh maaf ya
terima kasih
ya paman aku juga
akan mendeklamasikan puisi
dan membaca nyaring
lebih baik kamu
melengkapi kalimat
suaramu kan berisik
hehehe
sudah sudah
biar adil zahra dan anas
pelajari semua ya
coba nanti siapa yang
paling berhasil
anas kalau duduk
yang sopan dong
nah itu bagus
kamu telah belajar mendengarkan
petunjuk ya
72 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
• mengucapkan kembali perintah
sederhana
• melakukan sesuatu sesuai perintah
mendengarkan
perintah atau
petunjuk
anak pintar pasti cermat
ia juga cermat dalam mendengarkan
kamu pasti juga begitu
ayo buktikan
tutuplah bukumu
tirukan perintah gurumu
lalu kerjakan sesuai perintah
duduklah dengan baik
tirukanlah orang makan
ambillah buku bahasa
indonesiamu
bukalah halaman 2
gambar 5.1 mendengarkan perintah guru
ayo duduk
yang rapi
kegiatanku 73
berdirilah di samping mejamu
peragakan orang mandi
dan gosok gigi
ambil pensil
dan buku tulismu
tulislah aku harus pandai
angkatlah tangan kananmu
ucapkanlah saya senang
belajar
berdirilah berhadapan
bersalamanlah
ucapkan apa kabar
lihatlah bagian bawah meja
ambillah sampah yang ada
buanglah di tempat sampah
letakkan semua
bukumu di meja
hitunglah
saya senang
belajar
apa kabar
74 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
berkelompoklah dengan enam temanmu
coba dengarkan penjelasan guru
tentang permainan bisik berantai
lakukan permainan itu secara bergantian
peragakan di depan kelas
berdeklamasi sangat menyenangkan
apalagi tampil di depan teman teman
kita bisa bergembira
kita bisa bergaya
• membaca puisi dengan lafal dan
intonasi yang sesuai
• mendeklamasikan puisi dengan
ekspresi yang sesuai
• memahami isi puisi
mendeklamasikan
puisi
berlatih kelompok 1
gambar 5.2 mendeklamasikan puisi di
depan kelas
kegiatanku 75
kamu berteriak kegirangan kamu sedang kaget
kamu merasa lapar kamu menggeliat
setelah bangun tidur
kamu sedang sakit kepala kamu sedang ketakutan
sekarang ayo peragakan
76 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
kamu sedang marah kamu takjub melihat sesuatu
buatlah kelompok dengan tiga temanmu
salah satu memberi perintah
yang lain melaksanakannya
lakukan bergantian
contoh
berlatih kelompok 2
ayo tertawa
yang keras
kegiatanku 77
• berpikir
• menangis
• sakit perut
• marah marah
• sedih
• tertawa
• tersenyum
• ketakutan
• jengkel
• sakit kepala
perintah
buatlah kelompok dengan tiga temanmu
salah satu mendeklamasikan puisi
teman yang lain menyimak
lakukan dengan ekspresi yang sesuai
belajar
belajar ayo kita belajar
kita belajar bersama sama
kita belajar sambil gembira
jangan lupa kawan
kita berdoa
berdoa kepada tuhan
agar tercapai cita cita kita
karya sumi winarsih
berlatih kelompok 3
78 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
• mengeja suku kata dan kata dengan
tepat
• membaca kalimat dengan lafal dan
intonasi yang tepat
• memahami isi bacaan
membaca
nyaring
ayo membaca dengan nyaring
lalu nyanyikan dengan irama lagu bangun pagi
aku sudah
kelas 1
pagi hari
tiap hari aku bangun pagi
lalu aku segera mandi
habis mandi aku membantu ibu
merapikan tempat tidurku
makan pagi sudahlah pasti
nasi hangat badanku sehat
minum susu segar tubuhku
ayah ibu sayang padaku
lalu aku pergi belajar
ke sekolah bersama teman
aku ingin menjadi pintar
banyak ilmu senang hatiku
gambar 5.3 membaca kalimat
kegiatanku 79
coba lengkapi sesuai isi bacaan
berlatih mandiri 1
• tiap hari aku bangun . . .
(pagi – siang – malam)
• sesudah bangun aku segera . . .
(makan – mandi – belajar)
• sesudah mandi aku merapikan tempat . . .
(makan – tidur – mandi)
• aku makan pagi dengan . . .
(nasi – buah – kopi)
• supaya sehat aku minum . . .
(teh – kopi – susu)
• minum susu membuat badanku . . .
(sakit – kurus – sehat)
• aku ke sekolah untuk . . .
(belajar – bermain – tidur)
• aku belajar supaya menjadi orang . . .
(kaya – terkenal – pandai)
80 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
ayo belajar melengkapi kalimat
sesuaikan dengan gambar
• melengkapi kalimat yang belum
selesai berdasarkan gambar
• menulis kalimat berdasarkan gambar
melengkapi
kalimat
berdasarkan
gambar
coba kerjakan di rumah
jawablah pertanyaan ini
• apa yang kamu lakukan sesudah bangun pagi
• apa yang kamu lakukan sesudah mandi
• apa yang kamu makan saat makan pagi
• apa yang kamu minum sesudah sarapan
• siapakah yang sayang padamu
• ke manakah kamu belajar
• dengan siapa kamu ke sekolah
• mengapa kamu belajar
berlatih mandiri 2
gambar 5.4 menulis kalimat berdasarkan
gambar
kegiatanku 81
mataku ada _____
gunanya untuk _____
ini _____ sepatu
aku pakai ke _____
aku menanam _____
aku tanam di _____
siti sedang _____
ia menulis memakai
_____
ini _____
ibu memakainya
untuk _____
82 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba tulislah kalimat sesuai gambar
___________________ ___________________
___________________ ___________________
berlatih mandiri 3
coba tukarkan hasil pekerjaanmu di atas
tukarkan dengan teman sebangkumu
lalu bacalah tulisan temanmu
jika ada yang salah
mintalah ia membetulkannya
berlatih berpasangan
kegiatanku 83
3
aku ke sekolah
memakai baju _____
pesta
renang
seragam
4
sebelum ke sekolah
aku _____
berpamitan
bermain
bersepeda
2
dela rajin
_____ sampah
membuang
menyimpan
menyapu
uji kemampuan
silanglah ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
1
aku makan
menggunakan _____
gelas
piring
mangkuk
84 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
5 kami bermain di _____
halaman sekolah
jalan raya
dalam kelas
ayo melengkapi kalimat
1 sesudah bangun tidur aku _____
2 supaya gigiku bersih aku _____ gigi
3 aku berangkat ke sekolah bersama _____
4 di sekolah aku bermain bersama _____
5 pukul _____ bel tanda masuk kelas berbunyi
refleksi
menulis banyak gunanya
coba tulislah sebuah cerita
tentang hal hal yang kamu lakukan tadi pagi
tulislah dalam empat kalimat
tadi pagi aku
ngapain ya
soal ulangan akhir semester 1 85
1 kakakku dua
adikku satu
jumlah saudaraku ____
dua orang
tiga orang
empat orang
2 ayah akan pergi bekerja
kamu mengucapkan
____
selamat jumpa ayah
selamat jalan ayah
selamat menikmati
3 aku punya ____
gunanya untuk
mengunyah
alis
hidung
gigi
4 bangun tidur aku terus
mandi
tidak lupa ____
mengelap gigi
soal ulangan akhir semester 1
ayo menyilang ( 􀀚) kotak jawaban yang benar
mencuci gigi
menggosok gigi
5 penulisan nama orang
yang benar ____
yusuf
yuSuf
Yusuf
6 aku dipakai di kaki
aku adalah ____
kalung
tas
sepatu
7
kami ____ di pantai
bermain
berenang
bergurau
86 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
8 supaya tidak kehujanan
aku memakai ____
payung
gayung
kalung
9
ini gambar ____
palum
lampu
pulam
10
____ punya kumis
kacang
kicung
kucing
11 aku memotong kain
memakai ____
gunting
pensil
penggaris
12
nando sedang memakai
____
sepatu
celana
baju
13 telinga digunakan untuk
____
melihat
mendengar
mengunyah
14 aku punya dua ____
aku pakai untuk melihat
kaki
tangan
mata
15 aku naik ____
rodanya dua
becak
soal ulangan akhir semester 1 87
mobil
sepeda
16 ibu guru menulis di papan
tulis dengan ____
pensil
kapur
pena
17 yang bentuknya bulat
adalah ____
buku
bola
meja
18 namanya ____
aku pakai untuk minum
garpu
gelas
piring
19 kerbau suka makan ____
nasi
pisang
rumput
20 dido bermain layang
layang di ____
lapangan
kamar mandi
kelas
ayo jawablah dengan benar
1
ini gambar ____
2
sigit sedang ____
sampah
3 sita melihat zarafah di
____ binatang
4
anak anak bermain
lompat ____
5 tini tidak membawa pensil
santi meminjamkan
pensilnya kepada tini
tini dipinjami pensil oleh
____
88 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
iwan dan bayu sedang
bermain ____
13
ihsan membersihkan
meja dengan ____
14 ani menasihati banu
agar tidak membuang
sampah di ____
15 kaki badu terinjak rio
rio meminta ____
7 dendi terjatuh
aku segera ____
8 ima senang belajar
ima anak yang ____
9
edo ____ gong
10 dina menyapu lantai
rumah dengan ____
11
ibu sedang ____
12
perbuatan baik 89
anas kamu masih
ingat tidak
isi dongeng kancil
dan buaya
masih dong
kemarin kan waktu
menyebutkan isinya
aku dapat nilai 10
iya paman
hehehe
aku kan rajin apalagi jika
disuruh membaca lancar
keciiil
nanti buktikan ya
tapi lebih hebat
kalau kamu juga bisa
menulis kalimat
bab
6
perbuatan baik
kalian sedang
belajar melakukan
percakapan ya
90 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
mendengarkan
dan menyebutkan
isi dongeng
mendengarkan dongeng sungguh menyenangkan
selain itu juga berguna
sebab ada nasihat di dalamnya
ayo dengarkan dongeng dari gurumu
selama mendengarkan tutuplah buku ini
tiko dan puma
ada seekor harimau yang sombong
namanya puma si raja rimba
tubuhnya besar dan perkasa
semua binatang tunduk kepadanya
• menyebutkan tokoh dongeng dan
wataknya
• menyebutkan tokoh yang disukai
dan tidak disukai disertai alasan
sederhana
• memahami jalan cerita
gambar 6.1 mendengarkan dongeng
perbuatan baik 91
berlatih mandiri
puma bertetangga dengan tiko
tikus kecil yang baik hati
puma selalu menghina tiko
tapi tiko tetap sayang kepadanya
suatu hari puma berjalan jalan
tanpa sadar masuk jaring pemburu
puma terperangkap
ia berteriak minta tolong
tiko memanggil seluruh temannya
mereka menolong puma
tiko mengajak puma segera lari
sebelum pemburu menangkapnya
malam harinya puma membuat pesta
seluruh binatang rimba ikut bergembira
sejak itu puma tidak sombong lagi
ia menjadi raja yang bijaksana
karya muryanto
coba jawablah pertanyaan gurumu
jawablah secara lisan
• siapakah nama tikus kecil yang baik hati
• apakah kamu suka pada tiko
mengapa
• di mana puma terperangkap
• kapan puma membuat pesta
92 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
kerja berpasangan 1
coba kerjakan bersama teman sebangkumu
urutkan gambar berikut
sesuaikan dengan cerita tiko dan puma
jika sudah selesai ceritakanlah
gunakan bahasamu sendiri
kumpulkan pekerjaanmu kepada guru
nomor urutan gambar
1
5
2
3 4
perbuatan baik 93
bercakap cakap sangat menyenangkan
kamu bisa tahu banyak hal
misalnya tentang keluarga temanmu
agar dapat bercakap cakap
kamu harus pandai bertanya
ayo cobalah
contoh
melakukan
percakapan
sederhana
bagaimana
ceritaku mir
ceritamu
membuatku
ingin tertawa
• melengkapi teks percakapan
dengan pilihan kata yang tepat
• membaca teks percakapan dengan
lafal dan intonasi yang sesuai
• melakukan percakapan dengan
teman
gambar 6.2 melakukan percakapan
dengan teman
kamu punya
buku dongeng
aku punya
banyak
iya aku suka
kamu suka
dongeng
94 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
berlatih berpasangan 2
coba lengkapi kalimat percakapan ini
lalu bacalah
lakukan bersama teman sebangkumu
vera di ______ rumahmu
heri di jalan angsa nomor 2
vera siapa saja yang ada di
rumahmu
heri ada aku ibu ayah kakak
dan adikku
vera ______ nama adikmu
heri nama adikku asri
vera ______ nama ayahmu
heri ayahku bernama
pak agus
vera ______ ayahmu
bekerja
heri di sekolah
berlatih berpasangan 3
coba bercakap cakaplah dengan temanmu
kamu dapat menanyakan
tentang keluarga atau kesukaannya
lakukan bergantian seperti contoh di atas
perbuatan baik 95
ayo baca dengan lancar
membaca lancar
3 sampai 5 kata
kepada teman aku juga sayang
kami bermain dan belajar bersama
karena kami anak indonesia
aku juga rajin membantu ibu
karena aku sayang ibuku
adik dan kakak juga begitu
kini aku kelas satu
kini aku sudah besar
tiap hari rajin belajar
agar menjadi anak pintar
aku
• membaca dengan lafal dan intonasi
yang tepat
• menjawab pertanyaan sesuai dengan
bacaan
gambar 6.3 membaca lancar di depan kelas
96 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba jawablah sesuai isi bacaan
• kelas berapakah kamu
• mengapa kamu rajin belajar
• siapa yang kamu bantu
• siapa saja yang kamu sayangi
• dengan siapa kamu bermain
berlatih mandiri 3
berlatih mandiri 4
coba berceritalah tentang
• orang tua
• adik atau kakakmu
tulislah di buku tulis halusmu
kemudian bacalah dengan lancar
pada pertemuan berikutnya
perbuatan baik 97
menulis kalimat
sederhana
ayo perhatikan huruf huruf di bawah ini
lalu salinlah di buku tulis halusmu
Mm
Nn
Oo
Pp
Qq
Rr
Jj
Kk
Ll
Gg
Hh
Ii
Aa
Bb
Cc
Ee
Ff
Dd
• menulis kata dengan huruf tegak
bersambung
• menulis kalimat dengan huruf tegak
bersambung
• menulis kalimat yang didiktekan
gambar 6.4 menulis huruf tegak bersambung
di papan tulis
98 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba tulislah di buku tulis halusmu
berlatih mandiri 5
Yy
Zz
Vv
Ww
Xx
Tt
Uu
Ss
hujan
angin
kencang
sayang
hadiah
perbuatan baik 99
karya agus dido santi
tulislah kalimat yang didiktekan guru
gunakan huruf tegak bersambung
setelah itu kumpulkan hasilnya
berlatih mandiri 6
100 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
1
____ nama ibumu
siapa
di mana
apa
2
____ rumahmu
ke mana
di mana
siapa
3
ayahmu bekerja ____
di mana
berapa
siapa
4
anak ____ tidak disukai
teman
nakal
pandai
sopan
uji kemampuan
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
perbuatan baik 101
5
ayo jawablah dengan benar
4
aku memberikan uang
kepada ____
ayah
paman
pengemis
1 alif ____ hobimu
diah hobiku berkebun
2 ani pukul ____
kamu tidur
ina aku tidur
pukul sembilan
3 halaman kotor harus
____
lingkungan yang bersih
terasa ____
5 tulislah dengan huruf
sambung
aku adalah gajah
tubuhku besar
kakiku empat
aku punya belalai
102 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
refleksi
menyalin kalimat pernah kamu lakukan
coba lakukan sekali lagi
salinlah kalimat ini
gunakan huruf tegak bersambung
ibu sangat sayang kepada kami
tiap hari memasak untuk kami
masakan ibu sangat enak
kami senang dengan masakan ibu
lingkungan sekitar 103
kepalanya di kaki
tangannya juga di kaki
itu semut terinjak
hehehe
anas kalau belajar
membuat deskripsi
yang sungguh sungguh
ya
kalau aku ingin
belajar menjelaskan
isi gambar
paman
ah
kamu kuno zahra
lebih asyik membaca
dan menyalin
puisi jangan
begitu anas
semua ada manfaatnya
ayo mulai belajar
bab
7
lingkungan sekitar
104 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
mendengarkan
deskripsi
tentang benda
ayo bacalah lebih dulu
lalu nyanyikan bersama
meja
kursi
buku
kring kring kring ada sepeda
kring kring kring ada sepeda
sepedaku roda dua
kudapat dari ayah
karena rajin bekerja
tok tok tok ada sepatu
sepatuku kulit lembu
kudapat dari ibu
karena rajin membantu
karya pak kasur
gambar 7.1 menyebutkan benda benda
• mengulang kembali ucapan guru
• menyebutkan benda yang
dideskripsikan
lingkungan sekitar 105
ada sebuah benda
ia bisa kita naiki
rodanya dua
hitam warnanya
sepeda namanya
ia kusimpan dalam tasku
ia kubaca tiap hari
ia berisi ilmu
buku namanya
aku punya mainan
kutarik benang
ia bisa terbang
layang layang namanya
ia benda berguna
dua jarum di dalamnya
kriiiing begitu bunyinya
jam weker namanya
1
sekarang tutuplah buku ini
ayo dengarkan ucapan guru
lalu tirukan
2 4
3
106 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
1 3
tubuhnya kuat
larinya cepat
ia biasa menarik delman
hewan apakah itu
______
benda ini ada di langit
ia gemerlapan
di malam hari
benda apakah itu
______
2 4
benda ini bundar
terbuat dari plastik
kami menendangnya
benda apakah itu
______
ia suka menggigit
bentuknya kecil dan bisa
terbang
hewan apakah itu
______
coba dengarkan ucapan guru
tulislah nama benda yang dimaksud
berlatih mandiri 1
lingkungan sekitar 107
berlatih kelompok 1
5 6
buah ini berduri
baunya harum
rasanya nikmat
buah apakah itu
______
ia kita pakai di kaki
biasa dipakai untuk
sekolah
benda apakah itu
______
delman
berkelompoklah bersama dua temanmu
lakukan permainan tebak tebakan
satu siswa menyebutkan ciri ciri benda
yang lain menebaknya
lakukan bergantian
gambar 7.2 bermain tebak tebakan
jalannya cepat
rodanya dua ditarik kuda
ayo tebak
benda apakah itu
108 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
anak yang cerdas pasti teliti
ia juga pandai membuat kalimat
seperti anak di bawah ini
kamu tentu juga teliti
karena kamu anak yang cerdas
ayo kita buktikan
menjelaskan isi
gambar tunggal
atau gambar
seri
• menjelaskan isi gambar
• membaca kalimat yang telah ditulis
• melengkapi kalimat berdasarkan gambar
ini gambar
pemandangan
gambar 7.3 menjelaskan isi gambar
lingkungan sekitar 109
______________________
______________________
1
2
______________________
asri sedang menyapu lantai
3
coba perhatikan gambar di bawah ini
lalu buatlah kalimat sesuai gambar
contoh
berlatih mandiri 2
tukarkan pekerjaanmu dengan temanmu
coba bacalah tulisannya
jika ada yang sulit dibaca
mintalah dia membetulkannya
berlatih berpasangan 1
110 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba perhatikan gambar ini
lengkapi bacaan di bawahnya
lalu jelaskan isinya
berlatih mandiri 3
kemarin hari minggu
nisa dan ihsan membantu ibu
ihsan mengelap ______
nisa memberi ______ ayam
ayam nisa ada ______ ekor
ibu ______ halaman dengan sapu ______
lingkungan sekitar 111
banyak hal yang indah di sekitar kita
salah satunya kupu kupu
ia bukti keindahan ciptaan tuhan
sekarang bacalah puisi ini dengan nyaring
membaca puisi
2 sampai 4 baris
kupu kupu yang manis
warnamu begitu indah
gerak sayapmu begitu lincah
kau terbang menari nari
mengitari bunga bunga
sesekali kau hinggap
di atas bunga
untuk mengisap madu
karya fara
• membaca baris per baris puisi anak
dengan lafal dan intonasi yang tepat
• membaca puisi anak sesuai dengan isi
dan penjiwaannya
kupu kupu
gambar 7.4 membaca puisi anak
gambar 7.5 kupu kupu di taman
112 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
• bagaimana warna kupu kupu ______
• bagaimana gerak sayap kupu kupu ______
• di mana kupu kupu hinggap ______
• apa yang dicari kupu kupu ______
coba jawablah sesuai isi puisi di atas
tulislah jawabanmu di samping kanan
berlatih mandiri 4
berkelompoklah bersama lima temanmu
deklamasikan puisi kupu kupu
lakukan bergantian di hadapan kelompokmu
setelah selesai berilah tepuk tangan
berlatih kelompok 2
lingkungan sekitar 113
ayo membaca puisi lebih dulu
perhatikan lafal dan intonasimu
menyalin puisi
dengan huruf
tegak bersambung
tuhanku hanya satu
tiada bapak
tiada ibu
aku bersujud kepadamu
berserah diri kepadamu
tuhanku
gambar 7.6 membaca puisi yang telah
disalin
• membaca puisi anak dengan lafal dan
intonasi yang tepat
• menyalin puisi anak dengan huruf
tegak bersambung
• membacakan puisi anak yang telah
disalin
114 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba tulislah puisi tuhanku
di buku tulis halusmu
gunakan huruf tegak bersambung
contoh
berlatih mandiri 5
tukarkan pekerjaanmu dengan teman sebangkumu
coba betulkan jika ada tulisan yang salah
sesudah itu bacalah
gunakan lafal dan intonasi yang tepat
berlatih berpasangan 2
anak yang pintar suka menulis
tulisannya pasti rapi
kamu juga harus dapat menulis rapi
ayo kita berlatih
lingkungan sekitar 115
1
budi naik ____ bersama
ibunya
mobil
sepeda motor
sepeda
2
silfa memakai ____
kaca mata
topi
topeng
3
boni sedang mencuci
____
sepatu
sendok
piring
4
mereka naik ____
bus
kereta api
delman
uji kemampuan
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
116 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
membaca puisi sangat menyenangkan
coba bacalah puisi ini
ikan di akuariumku
ikan di akuariumku
dalam peti kaca
engkau aku pelihara
ikan di akuariumku
warnamu indah
gerakmu lincah
aku suka kepadamu
refleksi
5 nina sedang membaca
____
puisi
koran
surat kabar
ibu
begitu besar jasamu
aku sayang ibu
ayo menyalin kalimat
gunakan huruf tegak bersambung
• hari minggu aku libur
• aku dan kakak membantu ibu
• kami merawat tanaman
• tanaman bunga aku siram
• bunga mekar indah warnanya
maaf memaafkan 117
ih lucu sekali
seperti di dongeng
kalau memerankan
tokoh dongeng
aku ingin menjadi raja
hehe
kalau aku
mau menulis dan
membaca lancar
saja ah
pakai huruf
tegak bersambung ya
biar tulisanmu bagus
baiklah paman
ayo zahra kita pulang
kita segera belajar
bab
8
maaf memaafkan
118 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
mendengarkan
dongeng
• menyebutkan nama tokoh dan wataknya
• menyebutkan tempat terjadinya peristiwa
dalam dongeng
• menjelaskan isi dongeng
ayo dengarkan dongeng dari gurumu
selama mendengarkan tutuplah bukumu ini
ingatlah nasihat dalam dongeng itu
buaya tersesat di hutan
ia tidak tahu jalan pulang
tiba tiba sebatang pohon
tumbang
pohon itu menimpa tubuh buaya
buaya tolong tolonglah aku
kerbau sabarlah
kusingkirkan pohon ini
buaya cepatlah
aku sudah tak tahan
kerbau nah sudah selesai
pulanglah
kerbau dan buaya
gambar 8.1 mendengarkan dongeng yang
dibacakan oleh guru
maaf memaafkan 119
buaya aduh
aku tidak bisa berjalan
kerbau naiklah ke punggungku
tiba tiba buaya menggigit
kerbau buaya mengapa kamu
menggigit punggungku
buaya aku lapar
untunglah kancil datang
kerbau kancil benarkah
perbuatan buaya ini
kancil bagaimana ceritanya
kerbau menceritakan
peristiwanya
kancil kamu salah buaya
kamu harus minta
maaf
akhirnya buaya meminta maaf
pada kerbau
karya teguh wb
coba jawablah pertanyaan gurumu
jawablah secara lisan
• di mana buaya tersesat
• mengapa buaya minta tolong
• siapa tokoh yang baik hati
• apa yang dilakukan buaya pada kerbau
berlatih mandiri 1
120 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba urutkan gambar berdasarkan isi dongeng
lakukan bersama teman sebangkumu
lalu cobalah menjelaskan isinya
berlatih berpasangan
nomor urutan gambar
3
1
4
2
bagaimana watak
kancil tom
pemalas dan
suka mencuri bu
coba kerjakan di rumah
mintalah ibu atau ayahmu mendongeng
lalu tulislah judul dongeng
nama tokoh dongeng dan wataknya
berlatih mandiri 2
maaf memaafkan 121
memerankan
tokoh dongeng
memerankan tokoh dongeng sangat asyik
ayo cobalah
peragakan sesuai ucapan guru
gambar 8.2 memerankan tokoh dongeng
di depan kelas
• memerankan tokoh dongeng dengan
ekspresi gerak dan suara yang sesuai
• membaca dongeng
• memahami isi dongeng
menangis tersedu berteriak minta tolong
meminta maaf marah marah
kaki kesakitan tertawa
122 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
berlatih kelompok 1
buatlah kelompok bersama dua temanmu
bacalah dongeng berikut
lalu bagilah tugas
ada yang jadi umar
ada yang jadi raja simon
ada yang jadi penasihat raja
selanjutnya perankan tokoh
gunakan ekspresi yang sesuai
kisah umar dan raja simon
suatu hari umar menghadap raja
penasihat raja jika kau ingin menghadap raja
kau harus mengalahkanku dulu
umar aku tidak mau melawanmu
aku tidak ingin mencari musuh
aku hanya ingin menasihati raja
agar dia berubah menjadi orang baik
maaf memaafkan 123
berlatih mandiri 3
coba amati peragaan teman temanmu
pilihlah yang paling baik peragaannya
hore kami
yang terbaik
raja simon apa kamu bilang
kenapa aku harus berubah
umar raja sudah banyak menyakiti hati rakyat
mendengar jawaban itu raja murka
raja simon bawalah ulama ini ke tengah laut
tenggelamkan dia
umar ya allah lindungilah aku
ampunilah orang orang yang sesat ini
tunjukkanlah mereka jalan yang benar
tiba tiba perahu terbalik
penasihat raja pun tenggelam
sedangkan si umar selamat
raja simon umar
benar apa yang kau katakan
mulai hari ini aku akan menyembah allah
aku akan menegakkan kebenaran
umar dan raja akhirnya bersalaman
mereka saling memaafkan
124 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
membaca lancar
3 sampai 5 kata
ayo bacalah
gunakan lafal dan intonasi yang tepat
bel istirahat berbunyi
para murid ke luar kelas
mereka akan bermain di halaman
sifa dan salma juga ke sana
fikri berlari dari dalam kelas
ia dikejar ali
fikri tidak melihat sifa dan salma
fikri menabrak sifa dan salma
mereka jatuh
sifa kesakitan
fikri meminta maaf
maaf ya kata fikri
sifa memberi maaf
salma juga memberi maaf
mereka bersalaman
sifa dan salma anak yang baik
memberi maaf
• membaca dengan lafal dan intonasi
yang tepat
• menjawab pertanyaan
• menjelaskan isi bacaan
gambar 8.3 membaca lancar di hadapan
teman teman
maaf memaafkan 125
coba kerjakan di rumah
lengkapilah dengan kata yang tepat
• bel istirahat ___
• para murid ke halaman untuk ___
• fikri ___ ali
• sifa memberi ___
• sifa dan salma anak yang ___
• bermain
• dikejar
• berbunyi
• baik
• maaf
berlatih mandiri 4
coba jawablah dengan benar
tulislah jawabanmu di buku tulis
• di mana para murid bermain
• kapan mereka bermain
• dengan siapa sifa berjalan
• siapa yang mengejar fikri
• siapa yang jatuh
jika sudah selesai menjawab
cobalah menjelaskan isi bacaan
berlatih mandiri 5
jawab dengan
benar ya
126 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
menulis
dengan huruf
tegak bersambung
kamu sudah pandai menulis
tapi harus terus berlatih
b
s a
n
i
p
p
m
e
s
r
b m i
n
m n
a
sekarang ayo kita buktikan kepandaianmu
cobalah bermain tebak kata
tulislah jawabanmu pada kotak
gambar 8.4 menulis kata di papan tulis
• menulis kata
• menulis kalimat yang didiktekan dengan
huruf tegak bersambung
• menulis cerita dengan huruf tegak
bersambung
maaf memaafkan 127
coba tutuplah buku ini
tulislah yang didiktekan gurumu
gunakan huruf tegak bersambung
lebaran telah tiba
semua orang bergembira
anak anak memakai baju baru
orang orang bersalaman
mereka saling memaafkan
berlatih mandiri 6
berlatih mandiri 7
coba kerjakan di rumah
ceritakan pengalamanmu saat berhari raya
tulislah di bukumu
gunakan huruf tegak bersambung
hari waisak hari galungan
hari lebaran hari natal
128 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
ayo menyilang ( 􀀚􀀃) kotak jawaban yang benar
3
aku ditabrak toni
aku ____
terjatuh
terbang
tertawa
4
toni merasa bersalah
toni meminta ____
makan
maaf
uang
uji kemampuan
1
siswa bermain di ____
kelas
halaman
jalan
2
andi bersama adiknya
mereka bermain dengan
____
sedih
marah
gembira
maaf memaafkan 129
ayo tulis dengan huruf tegak bersambung
1 tini baik hati
2 ia suka memberi maaf
3 tini disayang guru
4 aku juga sayang tini
5 anak baik banyak temannya
5 aku memaafkan toni
kami ____
bersalaman
bergandengan
berlarian
130 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
kamu sudah belajar dongeng
membaca dan menulis dongeng
sekarang cobalah membuat kalimat
sesuaikan dengan gambar ini
lalu jelaskan isinya
refleksi
______________________
3
______________________
1
itu bukan kakiku
itu kayu
______________________ ______________________
______________________
5
terima kasih
buaya
2 4
soal ulangan blok semester 2 131
1
burung kecil hinggap
di ____
jendela
dahan
daun
2 angsa lihat ayam
buluku indah
putih dan bersih
ayam iya aku tahu
angsa coba lihat bulumu
jelek dan hitam
sifat angsa ____
sombong
baik hati
ramah
3
soal ulangan blok semester 2
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
____ bukumu
siapa
apa
berapa
4
gbr anak cow.
tidur pakai
bantal
____ yang dibawa beni
siapa
apa
ke mana
5
ia kita pakai saat tidur
kita memakainya di kepala
ia adalah ____
bantal
guling
kotak
132 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
6
sebelum tidur agus ____
membaca
berdoa
makan
7
ibu ____ di pasar
berbicara
berdagang
berjalan
8
adik memakai ____
sepatu
kaos kaki
sandal
9
kakakku bekerja sebagai
____
pramugari
perawat
guru
10
rini ____ sampah
menyapu
membuang
memendam
11 abu ____
neni aku terlambat
karena bangun
kesiangan
mengapa kamu
terlambat
apa kamu bangun
kesiangan
kapan kamu bangun
kesiangan
soal ulangan blok semester 2 133
12
alif bermain
di perpustakaan
ari melihat lihat
perpustakaan
ahmat membaca
di perpustakaan
13
siapakah yang
diceritakan ____
semut
singa
lebah
14
banu merebut mainan ima
ima ____
tertawa
menangis
terbatuk batuk
15 saat belajar di kelas
doni merasa pusing
tono mengantarnya
ke uks
doni mengucapkan ____
terima kasih
selamat
permisi
ayo jawablah dengan benar
1
yeni dan teman temannya
sedang ____ petak umpet
2 adikmu lucu sekali
____ namanya
3
hari sudah sore
sekelompok semut
masih mencari makan
mereka menemukan
permen
setiap malam nisa belajar
pelajaran di sekolah
ia ulangi lagi di rumah
nisa anak yang rajin
ia juga anak yang baik
134 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
siapa yang rajin belajar
____
4
di mana bunga melati
mekar ____
5
bentukku kotak
aku digunakan
untuk menyimpan
pakaian
aku adalah ____
6
7
bunga melati mekar
di taman
baunya yang harum
membuat kupu kupu
datang
fauzan memberi ____ ikan
8
arman dan orang tuanya
sedang ____
9
bentukku panjang
aku dipakai di pinggang
aku adalah
____ pinggang
10 tulislah dengan huruf
tegak bersambung
tiko merapikan rambut
dengan ____
aku ingin pandai
lingkunganku 135
ayo
membuat deskripsi
tentang bunga
anas
bunga ada di taman
indah berwarna warni
ada yang merah
dan ada yang putih
wah anas sekarang
sudah pintar
pasti jika disuruh
menjelaskan isi gambar
tunggal atau gambar seri
juga bisa ya
jelas dong
tapi aku lebih mahir
jika membaca puisi
dan menyalinnya
aduh anas
jangan sombong dong
lebih baik kita buktikan
saja bersama
bab
9
lingkunganku
136 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
aku mengotori lantai
dan halaman
orang tidak suka padaku
aku disapu lalu dibuang
kadang aku dibakar
apakah aku
__________
aku ada di sungai
aku juga ada di sumur
orang menggunakanku
untuk mandi
aku juga digunakan
untuk memasak
apakah aku
__________
mengulang
deskripsi tentang
benda benda
• mengulang kembali ucapan guru
• menyebutkan benda yang
dideskripsikan
anak indonesia harus cermat
jika cermat bisa menjadi pintar
ayo berlatihlah
tirukan ucapan guru
lalu jawablah secara lisan
ucapkan bersama teman sekelas
gambar 9.1 mendeskripsikan benda
lingkunganku 137
coba dengarkan penjelasan guru
gambar apakah yang dimaksud
berlatih mandiri 1
138 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
coba sebutkan ciri ciri benda ini
mintalah teman sebangkumu menebaknya
lakukan bergantian
berlatih berpasangan 1
terbuat dari kayu
dipakai untuk
duduk
contoh
kursi
lingkunganku 139
semua anak punya kesukaan
ada yang suka apel
ada pula yang tidak suka
apa kesukaanmu
ayo ungkapkan
contoh
menyampaikan
rasa suka atau
tidak suka
• menyatakan suka atau tidak suka
terhadap sesuatu
• menyatakan alasan sederhana atas
kesukaan atau ketidaksukaan
• melakukan percakapan tentang suka
dan tidak suka
aku tidak suka
berhujan hujan karena dapat
menyebabkan sakit
aku suka apel
karena rasanya
manis
aku suka
makan yang
banyak
gambar 9.2 menyatakan rasa suka terhadap
sesuatu
140 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
aku ______ menonton
televisi
karena ______
aku ______ berolahraga
karena ______
aku ______ buah jeruk
karena ______
aku ______ durian
karena ______
aku ______ ikan
karena ______
aku ______ membaca
karena ______
coba ucapkan seperti contoh
berlatih mandiri 2
lingkunganku 141
coba lakukan percakapan dengan temanmu
contoh
berlatih berpasangan 2
kamu apakah kamu suka belajar
temanmu aku ______
kamu mengapa
temanmu karena ______
kamu apakah kamu suka
menonton televisi
temanmu aku ______
kamu mengapa
temanmu karena ______
kamu apakah kamu suka menabung
temanmu aku ______
kamu mengapa
temanmu karena______
kamu apakah kamu suka sepeda
temanmu aku ______
kamu mengapa
temanmu karena ______
kamu apakah kamu suka pisang
temanmu ya aku suka
kamu mengapa
temanmu karena rasanya manis
142 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
anak indonesia suka keindahan taman
kamu tentu juga suka
ayo ungkapkanlah
bacalah puisi ini dengan penuh perasaan
membaca puisi
tamanku taman yang indah
bunganya mekar
indah dan segar
tamanku taman yang indah
penuh bunga mekar berseri
ada mawar juga melati
tamanku taman yang indah
bunganya mekar di sana sini
o baunya wangi sekali
tamanku taman yang indah
berserilah setiap hari
agar indah duniaku ini
karya sumi winarsih
tamanku
gambar 9.3 membaca puisi di depan kelas
• membaca baris per baris puisi
anak dengan lafal dan intonasi
yang tepat
• menjawab pertanyaan
lingkunganku 143
• adakah taman di sekolah atau rumahmu
• sebutkan tanaman yang ada di taman itu
• apa saja warna bunga atau daunnya
• siapa yang merawat taman itu
• bagaimana cara merawat taman itu
coba jawablah pertanyaan ini
berlatih mandiri 3
144 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
ayo bacalah puisi di bawah ini
menyalin puisi
• membaca puisi anak dengan lafal dan
intonasi yang tepat
• menyalin puisi anak dengan huruf
tegak bersambung
• membacakan puisi anak yang telah
disalin
kampungku kampung yang asri
pohon rindang berjajar rapi
kampungku selalu bersih
sampah dan debu disapu selalu
orang orang bekerja bakti
di minggu pagi
karya pradipta wibowo
kampungku
gambar 9.4 menyalin puisi anak
lingkunganku 145
coba salinlah puisi kampungku
gunakan huruf tegak bersambung
coba bacalah puisi yang telah kamu salin
lakukan bergantian di depan tiga temanmu
selesai membaca berilah tepuk tangan
berlatih mandiri 4
berlatih kelompok
146 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
uji kemampuan
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
1
aku tumbuh di taman
warnaku bermacam
macam
ada yang merah
dan ada yang putih
aku adalah ____
kolam
bunga
air mancur
2
aku hidup di air
kulitku bersisik
aku berenang dengan
sirip
aku adalah ____
ikan
kucing
kupu kupu
aku tidak suka sampah
karena ____
banyak
kotor
bersih
4 aku suka menggosok gigi
supaya gigiku ____
sehat
besar
kuning
3
lingkunganku 147
ayo melengkapi kalimat
1
5 tubuhku besar
kakiku empat
aku punya belalai
aku adalah ____
sapi
gajah
kerbau
2
kakak memotong kertas
menggunakan ____
4
aku suka bunga karena
____
5 membuang sampah
sembarangan tidak baik
karena ____
lantai kotor harus ____
ibu memotong sayur
dengan ____
3
148 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
setelah mempelajari bab ini
pengetahuanmu semakin bertambah
misalnya pengetahuan menulis puisi
cobalah terapkan pengetahuanmu itu
tulislah puisi tentang hal yang indah
misalnya tentang taman
gunung atau hamparan sawah
bunga atau yang lain
tulislah dengan huruf tegak bersambung
refleksi
budi pekerti 149
ayo zahra
ulangi deskripsi
yang diucapkan
pak anas
jangan
ganggu aku anas
aku sedang belajar
menjelaskan gambar
nih
hahaha
hebat kamu anas
mirip pak guru
lho
apalagi kalau mau
belajar membaca lancar
pasti anas lebih hebat
sekalian belajar
menulis kalimat
sederhana ya
oke paman umar
ayo belajar zahra
agar kita naik kelas
bab
10
budi pekerti
150 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
mendengarkan
deskripsi benda
ayo bernyanyi lebih dulu
pelangi
rep.rainbow.path
• mengulang kembali ucapan guru
• menyebutkan benda yang
dideskripsikan
pelangi pelangi
alangkah indahmu
merah kuning hijau
di langit yang biru
pelukismu agung
siapa gerangan
pelangi pelangi
ciptaan tuhan
karya at mahmud
gambar 10.1 mendeskripsikan benda
dia sedang
apa sih
kulitnya
berbulu
budi pekerti 151
• pelangi menakutkan
• pelangi di langit yang biru
• warna pelangi coklat dan hitam
• pelangi berwarna merah kuning hijau
• pelangi adalah ciptaan tuhan
coba dengarkan ucapan gurumu
ucapkan benar jika sesuai isi lagu
ucapkan salah jika tidak sesuai isi lagu
berlatih mandiri 1
aku benda bersinar
letakku di atas
bentukku bulat
aku sangat panas
aku adalah ____
warnaku bermacam macam
bentukku bulat
aku berisi udara
dan bisa meletus
aku adalah ____
coba ulangi ucapan gurumu
lalu tulislah benda yang dimaksud
berlatih mandiri 2
152 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
aku berleher panjang
ada di kebun binatang
aku pemakan rumput
kakiku empat
aku adalah ____
aku untuk berkaca
kamu dapat melihat
wajahmu di permukaanku
biasanya aku di dinding
aku adalah ____
aku benda kecil
bentukku bulat
aku berwarna warni
digunakan untuk bermain
aku adalah ____
aku hewan kecil
aku memiliki sayap
aku bisa menyengat
aku menghasilkan madu
aku adalah ____ rep.potomacs.com
budi pekerti 153
menjelaskan isi
gambar
kamu hampir kelas dua
pasti sudah pandai bercerita
ayo buktikan
perhatikan gambar ini
cobalah ceritakan
apa yang mereka lakukan
baik bu
fahri tulislah
kalimat ini
itu namanya badak
safa
ayah
ini binatang apa
gambar 10.2 melengkapi kalimat
• melengkapi kalimat berdasarkan
gambar
• membaca kalimat yang telah
ditulis
• menjelaskan isi gambar
154 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
• sedang apa mereka
• siapa yang mengajari safa
• siapa yang mengajari fahri
• ibu menyuruh fahri apa
• safa menanyakan binatang apa
badung pulang dari ____
badung ____ air hujan
tiba tiba ____ turun
karena itu badung ____
coba dengarkan pertanyaan gurumu
berlatih mandiri
coba lengkapi kalimat sesuai gambar
lalu bacalah dengan nyaring
kemudian cobalah menjelaskan isinya
lakukan bersama teman sebangkumu
berlatih berpasangan
budi pekerti 155
ayo bacalah cerita di bawah ini
bacalah dengan lafal dan intonasi yang tepat
membaca
lancar 3 sampai
5 kata
membantu teman
fadel ingin membayar makanan
tapi saku bajunya robek
semua uangnya hilang
fadel menangis kebingungan
fadel menghampiri fadli
fadel membawa banyak makanan
fadel menganggap fadli anak pelit
karena fadli hanya membeli es
saat istirahat tiba
para siswa pergi ke kantin
fadli hanya membeli segelas es
sebagian uang sakunya ditabung
• membaca dengan lafal dan
intonasi yang tepat
• melengkapi kalimat
• menjelaskan isi bacaan
gambar 10.3 membaca buku di perpustakaan
156 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
fadli membayar makanan fadel
fadel mengucapkan terima kasih
dan meminta maaf pada fadli
fadli tersenyum memaafkan fadel
karya muryanto
coba lengkapi kalimat ini
tuliskan jawabannya dalam kotak
kumpulkan pada pertemuan berikutnya
• saat ____ fadli ke kantin
• sebagian uang saku fadli ____
• fadel ____ karena uangnya hilang
• fadli ____ makanan dino
• fadel mengucapkan ____
berlatih mandiri 1
coba bacalah dengan ucapan yang tepat
pilihlah yang menunjukkan kebaikan
rahman rajin membuang
sampah
fatur suka mengganggu
teman
berlatih mandiri 2
budi pekerti 157
menulis kalimat
sederhana
• menulis kata
• menulis kalimat yang didiktekan guru
• menulis dengan menggunakan huruf
sambung
kamu sudah pandai menulis
bermacam macam kata
sudah dapat kamu tulis
sekarang cobalah menulis lagi
safa suka membantu ibu pika membiarkan bunga layu
tuti anak yang manja tika rajin menyiram bunga
gambar 10.4 menulis kalimat sederhana
di buku tulis
158 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
rep.indonetwork.co.id
b _ _ _ _ b _ _ _ _ _ _ _
b _ _ _ b _ _ _ _
r _ _ _ _ _ _
r _ _ _ _
r _ _ _ _
r _ _ _
kata kata berikut berawalan huruf r
rep.www.hinamagazine-com
kata kata berikut berawalan huruf b
budi pekerti 159
tutuplah buku ini
gurumu akan mendiktekan cerita
coba dengarkan baik baik
tulislah di buku tulis halusmu
gunakan huruf tegak bersambung
teman yang baik
berlatih mandiri
budi anak yang baik
ia suka menolong teman temannya
ia juga menghormati guru
suatu hari budi bertemu rini
rini sedang bersedih
rini belum lancar membaca
budi membantu rini belajar membaca
akhirnya rini dapat membaca
rini berterima kasih kepada budi
rini tidak bersedih lagi
budi juga ikut senang
160 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
uji kemampuan
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
1
nunu anak yang baik
ia ____ sepatunya
sendiri
membeli
mencuci
memakai
2
bentukku bundar
aku dipakai
untuk alas makan
aku adalah ____
piring
sendok
garpu
3
mangga rasanya manis
sebelum dimakan perlu
____
direbus
dikupas
digoreng
4
sebelum masuk
ke dalam kelas
aku dan teman temanku
____ dengan rapi
berlari
berbaris
berebutan
rep.bryanchina.com
rep.bryanchina.com
budi pekerti 161
5 fahri ____ temannya yang
sedang sakit
menengok
menonton
mendengarkan
ayo kerjakan dengan tepat
tulis jawabanmu dengan huruf tegak bersambung
1
2
rep.www.supplierlist.com
bendera bentuknya ____
ini adalah ____ nenek
3
fahmi ___ sebelum belajar
5
binu sedang ____ kertas
4
nisa ____ makan ayam
162 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
materi dalam bab ini
telah kamu pelajari
tentu kamu semakin pandai
coba terapkan
misalnya dengan menjelaskan isi gambar
gunakan urutan gambar berikut
refleksi
soal soal latihan ulangan kenaikan kelas 163
1 kakakku satu
adikku dua
saudaraku ada ____
dua orang
tiga orang
empat orang
2
ibu akan pergi ke pasar
kamu mengucapkan ____
selamat pergi ibu
selamat jalan ayah
selamat jalan ibu
3 andi suka berolahraga
badan andi ____
kurus
gemuk
sehat
soal soal latihan ulangan kenaikan kelas
ayo menyilang ( 􀀚 ) kotak jawaban yang benar
4
ini gambar ____
sinya
singa
singga
5 irma suka
menghamburkan uang
irma anak yang ____
hemat
boros
pandai
6 penulisan nama orang
yang benar adalah ____
Farhan
farhan.
farhan
164 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
7
kami ____ di sungai
memancing
menjala
bermain
8
mereka bermain ____
di halaman
mobil baru
mobil mobilan
motor motoran
9 bentuknya segi empat
bahannya dari kayu
dipasang di dinding
untuk menulis
apakah itu ____
meja kayu
meja belajar
papan tulis
10
nenek ____ aswin
ambilkan nenek
minum
aswin baik nek
silakan
tolong
ayo
11
arif sedang apakah dia
tino dia sedang ____
menari
menyanyi
bermain
soal soal latihan ulangan kenaikan kelas 165
baju
celana
jaket
16 ____ kamu suka apel
karena rasanya manis
bagaimana
kapan
mengapa
17
dodi sedang ____ sampah
12 kakiku empat
tubuhku besar
aku punya belalai
aku adalah ____
beruang
gajah
panda
13 ayah dari ibuku
aku panggil ____
nenek
paman
kakek
14 saat berangkat sekolah
kamu bertemu paman
kamu mengucapkan ____
selamat sore paman
selamat pagi paman
selamat malam
paman
15
ini gambar ____ baru
memungut
menyapu
membuang
18 oliv terjatuh
aku segera ____
menolongnya
membiarkan
menertawakan
19 hidungku ada satu
gunanya untuk ____
meraba
mencium
mengunyah
166 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
20
4 fitri kamu sedang apa
tomi aku membersihkan
sampah
fitri ayo bermain tali saja
anak yang rajin adalah
si ____
5 kerjakan seperti contoh
contoh
agus dan ayahnya melihat
____ sepak bola
lapangan
pertandingan
siaran
ayo jawablah dengan benar
1 tiko tidak pernah belajar
tiko dijuluki sang ____
2
ira sedang ____ bunga
3
ibu mengiris cabai
vina mencuci sayuran
mereka sedang ____
badan bimo besar
badan bimo ____
baju reza bersih
baju reza ____
beti anak rajin
beti anak malas
aku suka sambal
karena rasanya pedas
6 buatlah kalimat seperti
contoh
contoh
soal soal latihan ulangan kenaikan kelas 167
7 tulislah dengan benar
perhatikan huruf kapital
dan tanda titiknya
• vita dan diva berjalan
jalan
• ayah mengunjungi
paman gusti
8 buatlah sebuah kalimat
berdasarkan gambar
9 tulislah dengan huruf
tegak bersambung
• hormatilah kedua
orang tuamu
• nanda membaca
buku pelajaran
10 buatlah kalimat dengan
kata
• hi
• hore
• aduh
• ah
11 kerjakan seperti contoh
contoh
hore aku dibelikan
celana
____ kakiku terinjak
____ filmnya seram
12
dito bercita cita menjadi
____
13 bentuknya segi empat
bahannya dari kertas
isinya tulisan
benda itu adalah ____
14 tulislah nama lengkap
teman sebangkumu
perhatikan penggunaan
huruf kapitalnya
168 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
15 salinlah puisi berikut
gunakan huruf tegak bersambung
bintang
engkau indah sekali
bersinar di langit malam
suatu saat nanti
aku ingin memetikmu
untuk menghias kamarku
karya muryanto
soal soal latihan ulangan kenaikan kelas 169
berantai bersambung
ciri tanda khas yang membedakan sesuatu dari
yang lain
deklamasi penyajian sajak yang disertai lagu dan gaya
deskripsi pemaparan atau penggambaran dengan kata
kata secara jelas dan terperinci
dikte yang diucapkan atau dibaca keras keras
supaya ditulis orang lain
ekspresi pandangan air muka yang memperlihatkan
perasaan seseorang
ilmu pengetahuan atau kepandaian
intonasi lagu kalimat
irama alunan yang tercipta oleh kalimat yang
berimbang
jiplak menggambar atau menulis garis garis
gambaran atau tulisan yang telah tersedia
lafal cara seseorang atau sekelompok orang dalam
suatu masyarakat bahasa mengucapkan bunyi
bahasa
lisan dengan mulut (bukan dengan surat atau tulisan)
nasihat ajaran atau pelajaran baik
nyaring lantang
padanan kata kata yang sama maknanya pada dua bahasa
petunjuk ketentuan yang memberi arah atau bimbingan
bagaimana sesuatu harus dilakukan
glosarium
170 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi Kompetensi
Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD/MI.
Jakarta: BSNP.
––––. 2006. Model Pembelajaran, Bahan Ajar, dan Penilaian,
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Badan Penelitian dan
Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kasur. Tt.”Naik delman”. (http://bawana.wordpress.com/). Akses:
4 Juli 2008.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen
Pendidikan Nasional Republik Indonesia.1993. Tata Bahasa
Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
––––. 2007. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang
Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesiatera.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus
Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahimsyah, M.B. 2003. Kumpulan Dongeng Rakyat Nusantara.
Surabaya: Greisinda.
Sayuti, Suminto A. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta:
Gama Media.
Suharianto, S. 1983. Memahami dan Menikmati Cerita Rekaan.
Surakarta: Widya Duta.
Tarigan, Henri Guntur. 1994. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
––––. 1994. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
––––. 1994. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
soal soal latihan ulangan kenaikan kelas 169
berantai bersambung
ciri tanda khas yang membedakan sesuatu dari
yang lain
deklamasi penyajian sajak yang disertai lagu dan gaya
deskripsi pemaparan atau penggambaran dengan kata
kata secara jelas dan terperinci
dikte yang diucapkan atau dibaca keras keras
supaya ditulis orang lain
ekspresi pandangan air muka yang memperlihatkan
perasaan seseorang
ilmu pengetahuan atau kepandaian
intonasi lagu kalimat
irama alunan yang tercipta oleh kalimat yang
berimbang
jiplak menggambar atau menulis garis garis
gambaran atau tulisan yang telah tersedia
lafal cara seseorang atau sekelompok orang dalam
suatu masyarakat bahasa mengucapkan bunyi
bahasa
lisan dengan mulut (bukan dengan surat atau tulisan)
nasihat ajaran atau pelajaran baik
nyaring lantang
padanan kata kata yang sama maknanya pada dua bahasa
petunjuk ketentuan yang memberi arah atau bimbingan
bagaimana sesuatu harus dilakukan
glosarium
170 indahnya bahasa dan sastra indonesia I
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi Kompetensi
Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD/MI.
Jakarta: BSNP.
––––. 2006. Model Pembelajaran, Bahan Ajar, dan Penilaian,
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Badan Penelitian dan
Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kasur. Tt.”Naik delman”. (http://bawana.wordpress.com/). Akses:
4 Juli 2008.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen
Pendidikan Nasional Republik Indonesia.1993. Tata Bahasa
Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
––––. 2007. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang
Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesiatera.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus
Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahimsyah, M.B. 2003. Kumpulan Dongeng Rakyat Nusantara.
Surabaya: Greisinda.
Sayuti, Suminto A. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta:
Gama Media.
Suharianto, S. 1983. Memahami dan Menikmati Cerita Rekaan.
Surakarta: Widya Duta.
Tarigan, Henri Guntur. 1994. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
––––. 1994. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
––––. 1994. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.

0 komentar: