____ Baca Baca: Ilmu Pengetahuan Sosial 1 BSE_______welcome
Memuat...
Share |

Senin, 19 April 2010

Ilmu Pengetahuan Sosial 1

Download






Ilmu
Pengetahuan
Sosial 1
Untuk Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah Kelas I
Indrastuti
Penny Rahmawaty
Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
ii
Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang-undang
Ilmu Pengetahuan Sosial 1
Untuk SD/MI Kelas I
Penulis : Indrastuti
Penny Rahmawaty
Editor : Harjanti
Perancang Kulit : Wahyudin M. Anwar
Layouter : Sukarno Rudy
Ilustrator : Ady Wahyono
Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm
410
IND INDRASTUTI
i Ilmu Pengetahuan Sosial 1: untuk SD/MI kelas I/
Oleh Indrastuti dan Penny Rahmawaty; editor Harjanti.
— Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2007.
vi, 144 hlm.: ilus.; 25 cm.
Bibliografi : hlm.141
ISBN 979-113-134-1
1. Ilmu Pengetahuan Sosial - Studi dan pengajaran I. Judul
II. Penny Rahmawaty III. Harjanti
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2008
Diperbanyak oleh ...
iii
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan
karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional,
pada tahun 2008, telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari
penulis untuk disebarluaskan kepada masyarakat melalui website Jaringan
Pendidikan Nasional.
Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang
memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran
melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor ..... Tahun 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada
para penulis yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada
Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para
pendidik dan peserta didik di seluruh Indonesia.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada
Departemen Pendidikan Nasional tersebut, dapat diunduh (down load),
digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat.
Namun, untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya
harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Diharapkan
bahwa buku teks pelajaran ini akan lebih mudah diakses sehingga peserta
didik dan pendidik di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang
berada di luar negeri dapat memanfaatkan sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini.
Selanjutnya, kepada para peserta didik kami ucapkan selamat belajar
dan manfaatkanlah buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku
ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik
sangat kami harapkan.
Jakarta, ..................... 2008
Kepala Pusat Perbukuan
Kata Sambutan
iv
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa. Atas berkat serta rahmat-Nya kami
dapat menyelesaikan penulisan buku Ilmu
Pengetahuan Sosial. Buku ini diperuntukkan bagi
siswa Sekolah Dasar kelas 1
Buku ini disajikan dengan menggunakan bahasa
yang sederhana dan lugas. Selain itu diberikan
pula contoh-contoh berupa cerita dan gambargambar
ilustrasi. Dengan demikian, siswa dapat
dengan mudah memahami materi yang diberikan.
Untuk menilai pemahaman siswa terhadap materi,
diberikan evaluasi berupa soal-soal pada tiap akhir
bab. Dalam pengerjaan soal-soal tersebut, guru
dan orang tua dapat mendampingi siswa di sekolah
ataupun di rumah.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada
seluruh pengguna buku ini. Semoga buku ini dapat
memberikan manfaat bagi para pembaca dan dapat
membantu siswa dalam mencapai cita-citanya.
Kritik dan saran yang membangun dapat kami
terima sebagai langkah menuju kesempurnaan di
masa mendatang.
Jakarta, April 2008
Tim Penyusun
Kata Pengantar
v
kata sambutan .................................................................. iii
kata pengantar .................................................................. iv
daftar isi .................................................................. v
bab 1 identitas ............................................................. 1
a identitas diri ................................................... 3
b identitas keluarga .......................................... 5
c identitas saudara ........................................... 7
evaluasi .............................................................. 9
bab 2 pengalaman hidup ........................................... 13
a pengalaman bersama keluarga ..................... 15
b pengalaman bersama saudara...................... 19
evaluasi .............................................................. 24
bab 3 kasih sayang dalam keluarga .......................... 29
a kasih sayang antaranggota keluarga ............ 31
b kasih sayang antarsaudara ........................... 35
evaluasi .............................................................. 41
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga............... 45
a kerukunan antaranggota keluarga ................. 47
b kerukunan antarsaudara ............................... 54
evaluasi ............................................................... 60
Daftar Isi
vi
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga ................... 65
a peristiwa menyenangkan .............................. 67
b peristiwa menyedihkan ................................. 71
evaluasi .............................................................. 78
bab 6 letak rumah ....................................................... 85
a alamat rumah ................................................ 87
b fungsi alamat ................................................. 92
evaluasi .............................................................. 98
bab 7 rumah sehat ...................................................... 103
a ruang dalam rumah ....................................... 105
b fungsi dari setiap ruangan ............................. 112
c ciri ciri rumah sehat ....................................... 117
d perilaku dalam menjaga kebersihan rumah .. 120
evaluasi .............................................................. 124
evaluasi akhir tahun ........................................................... 130
daftar pustaka .................................................................. 141
kata kunci
peta konsep
belajar menyebutkan identitas keluarga inti
terdiri atas ayah ibu dan anak
kerabat terdiri atas
kakek nenek paman bibi saudara sepupu
setelah mempelajari materi pada bab ini
diharapkan kamu dapat mengetahui
identitas diri keluarga dan kerabat
bab 1
identitas
diri
kerabat
keluarga
meliputi
��
��
��
PEMERINTAH KOTA DENPASAR
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 2 DENPASAR
JL. GATOT SUBROTO NO. 320 DENPASAR
30 Juni 2008
Nama Sekolah :
Alamat Sekolah :
Masa Berlaku s/d :
bab 1 identitas 1
identitas
• identitas • keluarga
• individu • kerabat
2 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
saat kamu punya adik lagi
ayah akan mendaftarkan
adikmu di kelurahan
identitas adikmu ditulis
di kartu keluarga
adikmu juga akan
mendapatkan
akta kelahiran
gambar 1.1 seorang petugas kelurahan
sedang mencatat keterangan dari ayah
bab 1 identitas 3
a identitas diri
pendaftaran murid baru
hari ini pendaftaran murid baru
ibu lala bertugas mencatat murid
murid pertama yang dicatat adalah
niko anhari
nama panggilannya niko
niko tinggal di jalan godean 1
yogyakarta
niko seorang anak laki laki
berikutnya adalah sita
nama panjang sita adalah rosita ranti
sita tinggal bersama orang tuanya
gambar 1.2 suasana
pendaftaran siswa baru
alamat sita di jalan wates
10 yogyakarta
sita seorang anak
perempuan
4 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
ibu lala mencatat
identitas semua murid
ibu lala juga meminta
data kelengkapan murid
seperti kartu keluarga
dan akta kelahiran
data tersebut berguna
untuk administrasi murid
t u g a s
bertanyalah kepada orang tua kamu
untuk mengisi data berikut
nama : .....................................
tempat tanggal lahir : .....................................
jenis kelamin : .....................................
tinggi/berat badan : .....................................
alamat : .....................................
agama : .....................................
tempat sekolah : .....................................
anak anak kelas satu
baru memiliki bukti diri berupa
akta kelahiran kartu keluarga
dan kartu pelajar
saat kamu berusia 17 tahun
kamu bisa memiliki kartu
tanda penduduk
t a h u k a h k a m u
bab 1 identitas 5
b identitas keluarga
kunjungan pak rt
kelurahan akan mengadakan
kartu keluarga baru
pak rt datang ke rumah niko
mencatat keluarga yang tinggal
di rumah niko
nama lengkap ayah niko adi surahman
lahir di yogyakarta pada tanggal
10 maret 1971
pekerjaan ayah niko karyawan
perusahaan
pendidikan ayah sarjana ekonomi
agama ayah islam
nama lengkap ibu niko ida riyani
lahir di malang pada tanggal
12 april 1974
pekerjaan ibu sebagai guru
taman kanak kanak
pendidikan ibu sarjana pendidikan
agama ibu islam
p e s a n
setiap ada
warga baru
harus
mendaftarkan
identitasnya
kepada
ketua rt
6 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
t u g a s
kakak niko bernama
niken andriana
lahir di yogyakarta
pada tanggal
16 september 1997
kak niken duduk di kelas 5
gambar 1.3 pak rt sedang agama kak niken islam
mendata salah satu warganya
pinjamlah kartu keluargamu pada ayah atau ibu
apa saja isinya
catat di buku tugasmu
nama lengkap niko adalah niko anhari
lahir di yogyakarta pada tanggal
10 desember 2001
niko duduk di kelas 1
agama niko islam
kartu keluarga berisi identitas seluruh keluarga
t a h u k a h k a m u
bab 1 identitas 7
p e s a n
setelah pencatatan identitas selesai
ayah membawa surat pindah
dari kampung nenek
dan kartu keluarga ke kelurahan
anggota keluarga baru
ibu bercerita bahwa nenek dan
bibi lia akan tinggal di rumah niko
bibi adalah adik ibu
bibi akan melanjutkan
sekolah di yogyakarta
ketika nenek dan bibi tiba
ayah segera melapor pada pak rt
ayah mendaftarkan anggota
keluarga baru
gambar 1.4
bibi dan
nenek baru
saja datang
naik taksi
biasakan
mengingat
identitas
keluargamu
seperti
nama
lengkap
tempat dan
tanggal lahir
c identitas saudara
8 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
r a n g k u m a n
1 identitas diri adalah ciri ciri tentang diri
seseorang
2 setiap keluarga memiliki kartu keluarga
kartu keluarga berisi identitas keluarga
3 identitas seseorang terdiri atas
nama alamat
t u g a s
adakah saudara lain yang tinggal di rumahmu
jika ada isilah kolom berikut
no
1
2
3
4
5
6
nama
tempat tanggal lahir
jenis kelamin
pekerjaan
pendidikan terakhir
agama
identitas
nama kerabat saudara
nenek kakek paman bibi sepupu lain lain
bab 1 identitas 9
a pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi
tanda silang (x) pada huruf a b atau c
1 niko anhari adalah . . . .
a nama lengkap
b nama panggilan
c nama diri
2 nama panggilan digunakan untuk . . .
seseorang
a mengenal
b memanggil
c mengenang
evaluasi
nama orang tua
jenis kelamin tempat tanggal lahir
agama pekerjaan dan pendidikan terakhir
4 kerabat yang tinggal bersama keluarga kita
harus didaftar dalam kartu keluarga
10 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
3 jalan godean 18 disebut . . . .
a identitas
b alamat
c jenis kelamin
4 nenek kakek paman dan bibi disebut
. . . .
a saudara
b keluarga
c tetangga
5 untuk membuktikan berapa usia
seseorang dilihat dari . . . .
a ktp
b bpkb
c stnk
b jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1 apa gunanya nama dan alamat seseorang
2 sebutkan identitas kedua orang tuamu
3 apa yang dimaksud dengan kerabat
4 apakah yang dimaksud dengan kartu keluarga
5 sebutkan bukti diri yang kamu miliki
bab 1 identitas 11
c jodohkan gambar di sebelah kiri dengan
pernyataan di sebelah kanan
1 a wajib dimiliki anak usia
17 tahun
2 b wajib bagi anak yang
baru lahir
3 c keluarga kecil
4 d wajib dimiliki oleh
seorang siswa PEMERINTAH KOTA DENPASAR
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 2 DENPASAR
JL. GATOT SUBROTO NO. 320
DENPASAR
30 Juni 2008
Nama Sekolah :
Alamat Sekolah :
Masa Berlaku s/d:
12 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
d uji keterampilan
amatilah akta kelahiran milikmu
catatlah hal hal penting
yang terdapat dalam
akta tersebut
pengalaman hidup
banyak pengalaman diri yang kalian alami
pengalaman bersama keluarga
pengalaman bersama kerabat
pengalaman menyenangkan dan menyedihkan
pengalaman dapat dibuat cerita
setelah mempelajari materi pada bab ini
diharapkan kamu dapat
menceritakan pengalaman diri
kata kunci
• pengalaman
• keluarga
• kerabat
peta konsep
bab 2
pengalaman
diri
pengalaman
bersama
keluarga
antara lain
meliputi meliputi
pengalaman
bersama
kerabat
pengalaman
bersama ayah
pengalaman
bersama ibu
pengalaman
bersama kakak
pengalaman
bersama nenek
pengalaman
bersama kakek
pengalaman
bersama bibi
��
��
��
��
��
��
��
��
bab 2 pengalaman hidup 13
14 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
pantai merupakan tempat
yang menarik
pantai biasanya ramai
dikunjungi orang
bermain di pantai merupakan
pengalaman yang menarik
pengalaman menarik dapat diceritakan
kepada temanmu
gambar 2.1 pantai merupakan
tempat berlibur yang menyenangkan
bab 2 pengalaman hidup 15
a pengalaman bersama keluarga
gambar 2.2
ayah dan
akbar sedang
memancing
1 pengalaman bersama ayah
memancing di bendungan
pada hari minggu
akbar bersama ayah
pergi memancing di bendungan
letaknya tak jauh dari rumah
ayah mencari tempat yang teduh
akbar menghampar tikar
ayah memasang umpan
di ujung kail
umpan dilempar ke air
16 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
gambar 2.3 ibu
dan risa
berbelanja
barang di
swalayan
setelah hampir setengah jam
karet gabus di kail akbar
bergerak gerak
ayah menyuruh akbar
menarik kailnya
akbar memperoleh ikan besar
akbar berteriak kegirangan
setelah hampir sore hari
ayah dan akbar pulang
ikan itu dimasak ibu
akbar makan dengan lahap
2 pengalaman bersama ibu
p e s a n
memancing
adalah
rekreasi
yang murah
dan mudah
memancing
melatih
kesabaran
seseorang
belanja di swalayan
pada sore hari
risa menemani ibu belanja
ibu membawa catatan
barang yang akan dibeli
sesuai kebutuhan
sesampai di toko
ibu menitipkan tas di penitipan
ibu memperoleh nomor
penyimpanan tas
bab 2 pengalaman hidup 17
ibu mengambil troli
ibu mengambil barang
sesuai catatan yang dibawa
risa membantu ibu
mengambil barang yang dibutuhkan
setelah barang terkumpul
ibu dan risa ke kasir
petugas mengecek harga barang
setelah semua dihitung
ibu membayarnya lalu mengambil tas
di tempat penitipan tas
gambar 2.4
akbar
berenang
dengan
kakaknya
3 pengalaman bersama kakak
belajar berenang
akbar mempunyai kakak
bernama fatir
kak fatir pandai berenang
p e s a n
bila akan
berbelanja
buatlah
catatan
dari rumah
terlebih
dahulu
supaya
hemat
ambil
barang
yang sesuai
dengan
kebutuhan
18 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
akbar belajar berenang
bersama kakaknya
pada hari minggu
akbar dan kak fatir pergi
ke kolam renang
mereka naik sepeda
sesampai di kolam renang
kakak menitipkan sepeda
kakak membeli tiket
mereka berganti pakaian
di ruang ganti
kak fatir menitipkan baju
di tempat penitipan
mula mula akbar takut
memasuki kolam renang
kak fatir membantu akbar
kak fatir menopang
perut akbar dengan tangan
dan melepaskannya pelan-pelan
akbar tenggelam dan
sedikit minum air
kak fatir menolongnya
p e s a n
belajar
suatu
keterampilan
tidak
mudah
untuk itu
diperlukan
kemauan
dan
kesabaran
agar tidak
mudah
putus asa
bab 2 pengalaman hidup 19
akbar terus belajar
akhirnya akbar bisa berenang
t u g a s
buatlah cerita yang menarik mengenai
pengalamanmu ketika bersama ayah ibu kakak
atau adikmu kemudian mintalah bantuan kepada
ayah dan ibu untuk menyusun kalimatnya
tulislah di buku tugasmu
anisa berlibur di rumah nenek
nenek akan mengadakan
acara syukuran
nenek membuat tape ketan
anisa dan ibu membantu nenek
nenek mencuci beras ketan
setelah itu ketan dikukus
b pengalaman bersama saudara
1 pengalaman bersama nenek
membuat tape ketan
20 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
gambar 2.5
anisa
membantu
nenek
membuat tape
ketan
ketan yang masak didinginkan
di atas baki
yang diberi alas daun pisang
setelah dingin
nenek menaburkan serbuk
pembuat tape
dan memberi pewarna hijau
anisa membantu nenek
meratakan serbuk pembuat tape dan
pewarna
setelah rata
nenek dan anisa membungkus
nenek menata bungkusan
ke dalam bakul
bakul itu ditutup rapat
dengan daun pisang
supaya proses peragian sempurna
setelah tiga hari
tape sudah jadi
anisa mencicipi
tape buatannya
rasanya manis
p e s a n
berusahalah
memanfaatkan
bahan yang
ada di
sekitar
kamu
misalnya
daun suji
dan kunyit
sebagai
pewarna
alami
makanan
bab 2 pengalaman hidup 21
2 pengalaman bersama kakek
mengambil uang pensiun
kakek sudah pensiun
tiap bulan kakek
mengambil uang pensiun
anisa diajak kakek
mereka berangkat
naik sepeda
tempat mengambil uang
pensiun di kantor pos
sesampai di kantor pos
banyak orang yang antre
kakek mendapatkan nomor urut 27
kakek sabar menunggu
saat giliran kakek tiba
kakek menerima uang pensiun
kakek menghitung uang itu
lalu kakek permisi pulang
gambar 2.6 kakek mengambil
uang pensiun
p e s a n
bila pergi ke tempat umum seperti bank kantor pos dan rumah
sakit biasakan untuk antre secara teratur
22 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
kakek dan anisa mampir ke pasar
kakek membeli oleh oleh
kue tradisional
anisa sangat senang
3 pengalaman bersama bibi
menonton pentas tari
bibi anisa kuliah
di sekolah tinggi seni
suatu hari di kampus bibi
diadakan pentas tari
bibi mengajak anisa
melihat pentas tari
sebagai pembukaan
panitia menampilkan tari
gambyong
tari gambyong berasal
dari jawa tengah
sembilan penari cantik
menari lemah gemulai
diiringi gamelan yang lembut
sumber indonesia heritage
gambar 2.7 tari pendet dari bali
bab 2 pengalaman hidup 23
selanjutnya adalah tari pendet
tari pendet berasal dari bali
penari bali lincah gerakannya
anisa merasa puas
melihat pentas tari
kelak anisa ingin
menjadi penari yang berbakat
t u g a s
buatlah daftar pengalaman menarik yang kamu
alami tuliskan di buku tugasmu
no
1
2
3
4
5
bersama
kakek
bersama
bibi
bersama
nenek
bersama
paman
bersama
saudara lain
p e s a n
menonton kebudayaan daerah seperti tarian dan nyanyian daerah
dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air
24 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
r a n g k u m a n
1 pengalaman adalah suatu peristiwa yang
dialami seseorang
2 pengalaman diri dialami diri sendiri
3 pengalaman bisa dialami bersama keluarga
atau kerabat
4 contoh pengalaman bersama keluarga
pengalaman bersama ayah ibu
pengalaman bersama kakak adik
5 contoh pengalaman bersama kerabat
pengalaman bersama kakek nenek
pengalaman bersama paman bibi
6 pengalaman dapat dijadikan pelajaran berharga
bagi seseorang
a pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi
tanda silang (x) pada huruf a b atau c
1 pengalaman yang bisa dilakukan
bersama ibu adalah . . . .
a menonton sepak bola
b membuat kue
c memancing
evaluasi
bab 2 pengalaman hidup 25
2 pengalaman baru bagi akbar adalah
. . . .
a
b
c
3 ayah dan akbar sedang memancing
di samping untuk rekreasi juga
melatih . . . .
a kepandaian
b kesabaran
c keterampilan
26 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
4 andin ingin terampil menari maka
andin rajin . . . .
a berlatih
b bermain
c menulis
5 pengalaman yang bisa dilakukan
bersama nenek misalnya . . . .
a latihan renang
b menari
c membuat kue tradisional
b jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1 apakah pengalamanmu selalu menyenangkan
2 sebutkan pengalaman menyenangkan yang pernah
kamu alami
3 sebutkan pula pengalaman kurang menyenangkan
yang pernah kamu alami
4 pengalaman apa yang tidak menyenangkan bagi
kalian
5 siapa saja yang pernah mengajakmu melihat
pengalaman menarik
bab 2 pengalaman hidup 27
c jodohkan gambar di sebelah kiri dengan
pernyataan di sebelah kanan
1 a adik
2 b ibu
3 c bibi
4 d ayah
5 e kakek dan
nenek
28 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
m e m a n c i n g a b
e m e m b u a t k u e
l d e m e n y u l a m
u e m e r a j u t h i
k g m f b e l a n j a
i h m e n a r i m n l
s m e m a s a k n t o
p u v x n w q r s r a
m a i n g i t a r e y
d bermain sejenak
carilah kata kata yang tersembunyi
kata kata itu berupa pengalaman diri
arsir kata kata yang kamu temukan
kasih sayang
dalam keluarga bab 3
kita harus menciptakan kerukunan
dalam keluarga
kerukunan dapat berwujud kasih sayang
hidup rukun membuat perasaan
tenteram dan damai
setelah mempelajari materi pada bab ini
diharapkan kamu dapat menceritakan
kasih sayang antaranggota keluarga
kata kunci
• keluarga
• kasih sayang
peta konsep
kasih
sayang
dalam
keluarga
kasih sayang
antaranggota
keluarga
antara lain antara lain
meliputi
kasih sayang
antarkerabat
kasih sayang
ayah
kasih sayang ibu
kasih sayang anak
anak
kasih sayang
nenek
kasih sayang
kakek
��
��
��
��
��
��
��
��
kasih sayang
paman
bab 3 kasih sayang dalam keluarga 29
30 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
gambar di bawah adalah wujud
kasih sayang seorang ibu
kasih sayang bisa diberikan
oleh seluruh anggota keluarga
wujud kasih sayang keluarga
bisa bermacam macam
gambar 3.1
ibu sedang
menyuapi
anaknya
bab 3 kasih sayang dalam keluarga 31
a kasih sayang antaranggota keluarga
1 kasih sayang ayah
gambar 3.2
ayah
menemani
anak anak
belajar
olga dan ovi kakak beradik
mereka rajin belajar
mereka rajin ikut olahraga dan seni
olga belajar menari hari kamis
ovi bermain bulu tangkis hari sabtu
setiap melakukan kegiatan
mereka ditemati ayah
ayah belum tidur
sebelum anak anak selesai belajar
padahal ayah bekerja sampai sore hari
perhatian ayah
32 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
ayah sangat perhatian pada anak anak
olga dan ovi sangat terharu
olga dan ovi jadi semangat
mereka selalu memperoleh
peringat satu di kelasnya
olga juga mahir menari
ovi selalu menonjol dalam
bermain bulu tangkis
semua itu berkat perhatian ayah
gambar 3.3 keluarga olga
sedang makan bersama
2 kasih sayang ibu
menu kesukaan keluarga
keluarga olga sederhana
ayah bekerja sebagai
karyawan
di sebuah kantor
ibu olga adalah
ibu rumah tangga
ibu pandai mengatur uang
juga pandai mengolah makanan
dari bahan sederhana
menjadi menu kesukaan keluarga
seperti sayur tahu tempe
ikan asin dan telur
p e s a n
wujud
kasih
sayang
keluarga
harus
disertai
pengorbanan
dan
keikhlasan
bab 3 kasih sayang dalam keluarga 33
hari ini ibu memasak
menu kesukaan keluarga
ikan kakap goreng
dengan lalap dan sambal
ibu segera menghidangkan
menu kesukaan keluarga
ibu tersenyum bahagia
melihat ayah dan anak anak
makan dengan lahap
mereka berterima kasih kepada ibu
ibu sangat menyayangi keluarganya
3 kasih sayang anak anak
merawat ibu sakit
ibu pernah sakit
badan ibu demam kepala ibu pusing
anak anak bangun pagi
mereka melarang ibu bangun
olga menyapu lantai
ovi menyiapkan sarapan
semua itu biasanya dilakukan oleh ibu
p e s a n
bentuk
kasih
sayang
keluarga di
antaranya
dengan
cara
menyenang
kan hati
orang yang
disayangi
34 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
gambar 3.4
anak anak
merawat ibu
yang sedang
sakit
p e s a n
apabila
anggota
keluarga
sakit
rawatlah
dengan
penuh
kasih
sayang
supaya
lekas
sembuh
olga mengantarkan makanan
ke kamar ibu
semua keluarga menyayangi ibu
ibu tersenyum bangga
melihat kasih sayang keluarga
kasih sayang membuat
rasa sakit ibu berkurang
ayah membawa ibu
ke dokter
dengan obat dokter
dan perawatan
keluarga
ibu akan segera sembuh
bab 3 kasih sayang dalam keluarga 35
t u g a s
b kasih sayang antarsaudara
1 kasih sayang nenek
syal dari nenek
nenek menyayangi anak
dan cucu cucunya
pada suatu hari
nenek mengunjungi keluarga olga
tulislah bentuk kasih sayang orang tuamu
tulis pula bentuk kasih sayangmu
kepada orang tua kakak atau adik
kerjakan di buku tugasmu
no
kasih
sayang
ayah
1
2
3
4
5
kasih sayang
kakak
kasih
sayang ibu
kasih
sayang
anak
36 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
musim hujan tiba
olga dan ovi harus tetap sekolah
ibu dan nenek mengkhawatirkan
kesehatan mereka
nenek pandai membuat
rajutan dari benang
nenek meminta ibu
membeli benang wol
nenek merajut syal
untuk ayah dan anak anak
setelah beberapa hari
syal itu selesai
ibu kagum terhadap
hasil karya nenek
selain cepat syal itu
juga bagus dan rapi
syal ayah berwarna
coklat dipadu warna krem
syal ovi berwarna
merah muda dipadu warna merah tua
syal olga berwarna
ungu cerah dipadu warna hitam
gambar 3.5
nenek merajut
syal
bab 3 kasih sayang dalam keluarga 37
dongeng kakek
bila liburan tiba
olga dan ovi
menginap di rumah nenek dan kakek
ayah dan ibu mengizinkan
asal mereka tidak rewel dan
menuruti nasihat kakek dan nenek
kakek pandai mendongeng
tentang masa kecil kakek
dan dongeng zaman dahulu
seperti bawang merah bawang putih
batu menangis timun emas
dan lain lain
dongeng itu sangat disukai
oleh olga dan ovi
kakek tak bosan mendongeng
karena kakek sangat menyayangi
mereka
setelah kakek berhenti mendongeng
anak anak tidur
kakek dan nenek tersenyum bahagia
gambar 3.6
ovi dan olga
mendengar
dongeng
kakek
2 kasih sayang kakek
p e s a n
untuk orang
yang
disayangi
biasanya
tidak bosan
melakukan
pekerjaan
berulang
ulang
38 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
3 kasih sayang paman
seruling paman
di rumah kakek
tinggal seorang paman
paman adalah adik ibu
paman rinto namanya
paman rinto bekerja
di perusahaan ekspor
impor
paman sering bertugas
ke luar negeri
saat pulang dari tugas
paman membawa oleh oleh
perlengkapan minum lukisan jaket
kalung topi
kacamata seruling dan harmonika
paman memberikan benda itu
untuk orang orang yang disayanginya
tempat minum dan baki
diberikan kepada nenek
gambar 3.7
paman rinto
sedang
bermain
seruling
bab 3 kasih sayang dalam keluarga 39
topi dan kacamata untuk kakek
jaket diberikan kepada ayah
lukisan dan kalung
diberikan kepada ibu
benda yang disimpan paman
adalah seruling dan harmonika
paman memainkan alat musik itu
setiap pulang dari kantor
paman pandai memainkan
berbagai lagu
olga dan ovi minta
diajarkan bermain seruling
dan harmonika
mereka mulai mahir memainkan
alat musik tersebut
saat olga dan ovi pulang
paman menghadiahkan seruling
dan harmonika kesayangannya
kepada olga dan ovi
p e s a n
orang akan
memberikan
sesuatu
yang
disayangi
untuk orang
yang
disayangi
40 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
t u g a s
pernahkah kamu mendapat hadiah sebagai wujud
kasih sayang
bila pernah tuliskan pada daftar di bawah ini
sebelumnya salinlah kolom di bawah ini
pada buku tugasmu
no
1
2
3
4
5
nama benda pemberian dari pada peristiwa
r a n g k u m a n
1 dalam sebuah keluarga harus ditumbuhkan rasa
kasih sayang
2 kasih sayang bisa diberikan oleh orang tua
kepada anaknya atau sebaliknya
3 kasih sayang bisa juga diberikan oleh kerabat
dan saudara lainnya
bab 3 kasih sayang dalam keluarga 41
a pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi
tanda silang (x) pada huruf a b atau c
1 gambar di samping adalah wujud
kasih sayang seorang . . . .
a ayah
b ibu
c bibi
2 ibu berusaha menyediakan menu
favorit keluarga karena ibu . . . .
a suka memasak
b suka makan enak
c menyayangi keluarganya
evaluasi
4 wujud kasih sayang dalam keluarga
bisa berupa perhatian pengorbanan keikhlasan
pemberian sesuatu kesabaran semangat kerja
dan menyenangkan hati orang yang disayangi
nya
5 kasih sayang dalam keluarga dapat menciptakan
keluarga bahagia
42 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
3 saat ayah sakit sebaiknya olga . . . .
a membawa ayah ke dokter
b menyuapi ayah
c memandikan ayah
4 kasih sayang harus ditanamkan
dalam keluarga agar keluarga itu
hidup . . . .
a kaya raya c berkuasa
b bahagia
5 gambar di samping adalah wujud
kasih sayang ibu kepada . . . .
a ayah c nenek
b kakek
b jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1 apakah kamu menyayangi kakakmu
berikan contohnya
2 sebutkan bentuk kasih sayang ibu
kepada keluarga
3 sebutkan bentuk kasih sayang ayah kepada
keluarga
4 apakah kamu sayang terhadap ayah dan ibu
beri contohnya
5 sebutkan bentuk kasih sayang kerabat terhadap
dirimu
bab 3 kasih sayang dalam keluarga 43
c jodohkan gambar di sebelah kiri dengan
pernyataan di sebelah kanan
1 a kasih sayang anak
terhadap ayah
2 b kasih sayang ibu
terhadap keluarga
3 c kasih sayang kakek
terhadap cucu
4 d kasih sayang kakak
terhadap adik
5 e kasih sayang paman
terhadap adik
44 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
d bermain sejenak
isilah kotak kotak mendatar berikut ini
1 anak yang nakal harus diberi . . . .
2 bila ibu sakit anggota keluarga merasa . . . .
3 ibu membuat menu makanan dengan cara . . . .
4 ayah tidak pilih kasih pada anaknya ayah berbuat
. . . .
5 orang tua selalu memberi . . . pada anak anaknya
h u k u m a n
a
s
i
h
r
m k 3
4 a
5 p n
1
k 2
kita harus rukun dengan saudara
kita tidak boleh melawan orang tua
kita harus hidup rukun dalam keluarga
sehingga hidup menjadi tenang
setelah mempelajari materi pada bab ini
diharapkan kamu dapat menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
kata kunci
• keluarga
• lingkungan
• kerukunan
peta konsep
hidup rukun
anggota
keluarga
dengan
antara lain
antara lain
��
��
��
��
��
��
��
��
hidup rukun
di lingkungan keluarga
bab 4
kerabat
saudara
ayah
ibu
kakak atau
adik
kakek
nenek
paman atau
bibi
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 45
46 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
fadel murid kelas 6
rido murid kelas 1
mereka sekolah di sd pertiwi
mereka tidak pernah bertengkar
fadel selalu mengalah
pada adiknya
rido juga tidak mau
menang sendiri
gambar 4.1
fadel dan rido
sedang
bermain mobil
mobilan
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 47
a kerukunan antaranggota keluarga
1 hidup rukun terhadap ayah
ayah bertugas ke luar kota
ayah rido bertugas ke luar kota
ayah akan tinggal
selama satu minggu
rido dan fadel sedih
karena ditinggal ayah
ibu menasihati mereka
bahwa ayah pergi untuk kepentingan
keluarga
gambar 4.2
ayah berjalan
menaiki
tangga
pesawat
48 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
sehari sebelum ayah berangkat
keluarga rido sibuk
menyiapkan keperluan ayah
ibu menyiapkan pakaian ayah
ibu dan kakak memasukkannya
ke dalam koper besar
fadel menyiapkan sabun shampo dan
sikat gigi
ayah menyiapkan kertas kerjanya
ayah berjanji akan
memberikan oleh oleh
anak anak sangat gembira
esok paginya ibu dan anak anak
mengantar ayah ke bandara
mereka mendoakan ayah
agar selamat dan sukses
p e s a n
apabila ayah dan ibu sedang repot dengan pekerjaannya
bantulah sesuai dengan kemampuanmu
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 49
2 hidup rukun terhadap ibu
lomba paduan suara
ibu rido aktif dalam
kegiatan kampung
saat mengikuti peringatan hari ibu
kelurahan mengadakan lomba
salah satunya adalah
lomba paduan suara
ibu rido mengikuti
lomba paduan suara
rumah rido dipakai latihan
ayah dan anak anak
membantu mempersiapkan ruangan
sumber
www.korpri.or.id
gambar 4.3 ibu
mengikuti
lomba
paduan suara
50 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
ibu membuat minuman
dan makanan ringan
keluarga rido hidup rukun
tugas ibu yang berat
menjadi ringan berkat
bantuan ayah dan anak anak
kelompok paduan suara ibu
mendapatkan juara satu
ibu berterima kasih kepada
ayah dan anak anaknya
ibu bersyukur memiliki
keluarga yang selalu rukun
dan saling membantu
saling bersyukur dan tolong menolong
membuat pekerjaan berat menjadi
ringan
itulah gunanya hidup rukun
p e s a n
pekerjaan
berat bila
dilakukan
secara
bersama
sama
dengan
sikap
kerukunan
akan
menjadi
ringan
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 51
menghadapi ujian nasional
fadel kakak rido
ia kelas 6 sekolah dasar
minggu depan fadel
mengikuti ujian nasional
fadel ingin memperoleh
nilai yang terbaik
fadel belajar sungguh sungguh
ibu menyediakan makanan bergizi
agar fadel sehat
dan berpikir jernih
gambar 4.4
fadel melihat
nilai hasil
ujian
3 hidup rukun terhadap kakak
52 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
tahukaayha hk ammemuperbaiki penerangan
di ruang belajar fadel
ayah dan ibu selalu mengingatkan fadel
agar mengatur waktu dengan baik
ayah mengingatkan fadel
agar selalu berdoa dan mengatur waktu
jika fadel belajar
rido mematikan televisi
rido tidak mengganggu
tidak mengajak bermain
rido turut berdoa
untuk keberhasilan kakaknya
seluruh keluarga menjaga
ketenangan di dalam rumah.
ketika pengumuman tiba
fadel memperoleh nilai tertinggi
semua puas dan bangga
fadel berterima kasih kepada
keluarganya
tak lupa ia bersyukur kepada tuhan
bila kakak menonton acara tv
kesukaannya padahal kalian
tidak suka janganlah berebut
t a h u k a h k a m u
p e s a n
sikap rukun
dan
dukungan
seluruh
keluarga
adalah
semangat
dalam
mencapai
prestasi
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 53
t u g a s
berilah tanda (��) untuk sikap yang menunjukkan
hidup rukun dan tidak rukun pada pernyataan di
bawah ini
no pernyataan rukun tidak
rukun
1 alin mendapatkan kue
ulang tahun dari temannya
ia membagi kue itu dengan
kakaknya
2 ibu sedang repot menerima
tamu
ibu minta tolong deva
untuk membuat minum
deva menolak karena
sedang menonton tv
3 uang saku kakak
ketinggalan di rumah
siska membagi uang
sakunya dengan kakak
4 ayah mencangkul halaman
robi bermain tanah di dekat
ayah
5 ayah harus kerja lembur
di rumah
anak anak bermain
dengan berteriak teriak
54 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
b kerukunan antarsaudara
1 hidup rukun terhadap nenek
kegiatan lansia
setiap satu bulan sekali
nenek mengikuti kegiatan lansia
hari ini giliran
di rumah nenek
nenek sudah tua
sehingga perlu dibantu
ayah menyiapkan tempat
fadel dan rido membantu ayah
menyiapkan meja dan kursi
gambar 4.5
kakek dan
nenek adalah
orang lanjut
usia
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 55
ibu membantu menyiapkan
makanan dan minuman
fadel dan rido
membantu para lanjut usia
mencari tempat duduk
setelah petugas datang
acara segera dimulai
acara dimulai dengan
pemeriksaan dokter puskesmas
pemberian obat dan vitamin
petugas mencatat kesehatan
para lanjut usia dicatat
ibu dibantu ibu ibu pkk
memberikan makanan dan minuman
fadel dan rido membantu ibu
nenek senang karena diperhatikan
oleh keluarga
kebahagiaan nenek merupakan
semangat hidup bagi nenek
p e s a n
perhatian
terhadap
nenek dan
kakek
menambah
semangat
hidup bagi
mereka
56 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
2 hidup rukun terhadap kakek
gambar 4.6
kacamata
kakek pecah
kacamata kakek
pada hari minggu
kakek mengunjungi fadel dan rido
mereka sangat senang
melihat kakek datang
mereka memeluk kakek
tak sengaja mereka menjatuhkan
kacamata kakek hingga pecah
kakek tidak bisa melihat
fadel dan rido menyesal
mereka meminta maaf
kakek tidak marah
sore hari fadel membaca koran
untuk kakek
waktu ke kamar mandi
ibu membantu menuntun
keesokan harinya
ayah mengantarkan kakek
ke toko kacamata
ayah membelikan kacamata baru
kakek merasa terharu
p e s a n
jika
anggota
keluargamu
sedang
mengalami
kesulitan
bantulah
secara
bergotong
royong
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 57
3 hidup rukun terhadap bibi
ujian masuk perguruan tinggi
bibi ana adalah adik ayah
bibi ana akan mengikuti
tes masuk perguruan tinggi
ketika bibi ana tiba
ibu menyiapkan kamar
untuk bibi
ayah memasang lampu
menjelang ujian berlangsung
fadel dan rido
tidak membuat kegaduhan
di rumah
bibi dapat belajar dengan tenang
gambar 4.7
bibi sedang
belajar untuk
persiapan
ujian masuk
perguruan
tinggi
58 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
ibu membebaskan bibi
dari pekerjaan rumah tangga
ibu mempersiapkan makanan bergizi
bibi belum hafal
jalan jalan di kota itu
ayah mengantar jemput bibi
ke tempat ujian
bibi diterima di perguruan tinggi
bibi berterima kasih kepada
keluarga rido
tak lupa bibi mengucap syukur
terhadap tuhan
t u g a s
tuliskan di buku tugasmu mengenai sikap hidup
rukun
no
1
2
3
4
5
terhadap
nenek
terhadap
bibi
terhadap
kakak
terhadap
paman
terhadap
saudara
lain
p e s a n
kerukunan
keluarga
bisa
membuah
kan hasil
seperti
yang
diinginkan
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 59
r a n g k u m a n
1 kerukunan dilaksanakan dalam keluarga
kerukukan dilaksanakan dalam kehidupan
sehari hari
saling menolong dan bekerja sama
2 banyak peristiwa yang dapat memupuk
rasa kerukunan dalam keluarga
3 saling membantu kesulitan anggota keluarga
merupakan bentuk sikap hidup rukun
hidup saling bekerja sama merupakan contoh
hidup rukun
4 kerukunan terhadap kerabat dan saudara lain
dapat diciptakan melalui berbagai cara
5 contoh hidup rukun
• membantu ibu di rumah
• belajar bersama teman
• menghormati kakak
• membantu adik belajar
60 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
a pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi
tanda silang (x) pada huruf a b atau c
1 gambar di samping merupakan wujud
kerukunan ibu terhadap . . . .
a ayah
b nenek
c kakak
2 perilaku di samping wajib dilakukan
oleh . . . .
a anak laki laki
b anak perempuan
c semua anak
3 kegiatan di samping bisa dilakukan
oleh . . . untuk merapikan ruang tamu
a anak perempuan
b kakak
c ayah
evaluasi
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 61
4 yang dipersilakan mengambil
makanan terlebih dahulu . . . .
a kakak
b adik
c ayah
5 apabila kamu telah selesai belajar
yang sebaiknya kamu lakukan . . . .
a mengajak kakak bermain
b mengganggu kakak
c mengerjakan kegemaran
b jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
suatu hari kamu terpaksa ditinggal
sendiri di rumah oleh orang tuamu
kamu harus menjaga adikmu yang masih kecil
tak diduga adikmu menangis mencari
ayah dan ibu
apa yang bisa kamu lakukan
agar adikmu senang dan diam
62 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
c jodohkan gambar di sebelah kiri dengan
pernyataan di sebelah kanan
1 a kerukunan ayah
terhadap ibu
2 b kerukunan cucu
terhadap nenek
3 c kerukunan dalam
keluarga
4 d kerukunan cucu
terhadap kakek
5 e kerukunan antara
adik dan kakak
bab 4 hidup rukun di lingkungan keluarga 63
d bermain sejenak
mendatar
1 saling membantu saling menghargai dan
menghormati menunjukkan sikap hidup . . . .
2 anak anak makan makanan yang bergizi supaya
. . . .
3 kita harus hormat kepada orang yang lebih . . . .
4 kita harus hormat kepada orang yang mengajari
di sekolah . . . .
5 ibu membebaskan bibi dari pekerjaan . . . .
tangga waktu akan mengikuti ujian
6
2
1
3
7
8
5
4 9
10
64 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
menurun
6 anak anak harus menunjukkan rasa . . . pada
yang lebih tua
7 apabila waktu pulang kantor ayah belum sampai
di rumah anggota keluarga merasa . . . .
8 saat membantu kepentingan anggota keluarga
lain harus didasari rasa . . . .
9 pekerjaan yang berat jika dikerjakan bersama
sama akan menjadi . . . .
10 pasangan dari meja . . . .
peristiwa penting
dalam keluarga bab 5
ceritakan peristiwa penting
yang pernah kamu alami
baik yang menyenangkan maupun
yang menyedihkan
setelah mempelajari materi pada bab ini
diharapkan kamu dapan menceritakan
kembali peristiwa penting yang dialami
sendiri di lingkungan keluarga
kata kunci
• peristiwa penting
• peristiwa menyenangkan
• peristiwa menyedihkan
peta konsep
peristiwa penting
dalam keluarga
peristiwa
menyenangkan
antara lain
peristiwa
menyedihkan
��
��
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 65
66 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
suatu hari toni pergi bersama
keluarganya
mereka naik delman
di tengah perjalanan
kuda yang menarik delman
sulit dikendalikan
akibatnya toni terjatuh
toni kesakitan karena
kakinya terkilir
peristiwa itu adalah peristiwa
yang menyedihkan bagi toni
gambar 5.1 toni terjatuh dari atas
delman
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 67
a peristiwa menyenangkan
gambar 5.2
keluarga
vandi pindah
ke rumah
baru
rumah baru
ketika vandi dan adiknya
masih kecil
keluarga mereka tinggal di
rumah dinas
rumah itu milik kantor ayahnya
rumah yang mereka tempati
tidak luas
hanya ada satu kamar tidur
dapur ruang keluarga
ruang tamu dan kamar mandi
anak anak kurang bebas
bermain dan belajar
68 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
untuk belajar dan bermain
ayah berencana memiliki
rumah sendiri
berkat kegigihan ayah
dan kepandaian ibu
mengatur keuangan
keluarga vandi kini
memiliki rumah baru
ayah dan ibu mengadakan
syukuran sekaligus berkenalan
dengan tetangga baru
mendapat peringkat satu
gambar 5.3 vandi memperoleh
penghargaan dari kepala
sekolah
p e s a n
apabila
mengalami
peristiwa
yang
menyenang
kan jangan
lupa
bersyukur
pada tuhan
vandi duduk di kelas I
saat penerimaan rapor
vandi memperoleh
peringkat satu
vandi merasa senang
ayah dan ibunya juga
bangga
untuk memperoleh
peringkat satu
vandi rajin belajar
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 69
sepulang sekolah vandi
makan siang dan istirahat
lalu mengerjakan pr
setelah itu vandi tidur siang
setelah bangun tidur vandi mandi
kemudian bermain sebentar
kadang kadang vandi
membantu pekerjaan ibunya
malam harinya vandi
mengulang pelajaran tadi siang
setelah itu mempersiapkan
pelajaran untuk esok hari
tak lupa vandi
beribadah dan berdoa
vandi bangun pagi pagi
dan mengulang pelajaran
vandi siap menerima
pelajaran di sekolah
p e s a n
jangan cepat puas dengan prestasi yang sudah kamu peroleh
tetapi kamu harus lebih semangat untuk mendapatkan prestasi
yang lebih baik lagi
70 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
berlibur ke pantai
keluarga vandi berlibur ke pantai
pagi pagi sebelum berangkat
mereka sekeluarga sibuk
mempersiapkan diri
ayah membersihkan mobil dan
mengecek kelengkapannya
ibu mempersiapkan bekal
vanda dan vandi mempersiapkan
peralatan bermain di pantai
sepanjang perjalanan mereka
bernyanyi sambil menikmati
pemandangan alam
sesampai di pantai
vanda dan vandi
bermain sepuasnya
tak terasa hari sudah siang
setelah makan di tepi pantai
keluarga vandi pulang
wajah mereka tampak ceria
gambar 5.4
keluarga
vandi berlibur
ke pantai
p e s a n
liburan
dapat
membuat
pikiran
menjadi
segar
dengan
pikiran
yang segar
membuat
semangat
belajar dan
bekerja
menjadi
meningkat
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 71
t u g a s
carilah gambar gambar yang menarik
di majalah atau surat kabar tentang peristiwa
yang menyenangkan dalam keluarga
berilah judul gambar tersebut lalu tempelkan
di buku tugasmu
di rumah sakit
menjelang pergantian musim
vandi masuk rumah sakit
vandi terkena penyakit demam
berdarah
badan vandi demam dan panas
b peristiwa menyedihkan
gambar 5.5
vandi
terbaring sakit
di rumah sakit
72 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
vandi merasa tersiksa
vandi tidak boleh bangun
tidak boleh makan sembarangan
ia hanya boleh makan
makanan dari rumah sakit
badan vandi dipasang alat
untuk menambah cairan
ayah dan ibu menungguinya
secara bergantian
dengan perawatan yang baik
selama lima hari
akhirnya vandi boleh pulang
sesampai di rumah
vandi masih harus istirahat
peristiwa itu sangat menyedihkan
vandi tidak bisa belajar
tidak masuk sekolah
juga tidak bisa bermain
setelah sembuh vandi berjanji
selalu menjaga kesehatannya
p e s a n
anak anak
harus
belajar
menjaga
kesehatan
dengan
cara makan
teratur
istirahat
cukup rajin
olahraga
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 73
kehilangan uang
vanda berangkat sekolah
dengan terburu buru
vanda bangun kesiangan
semalam ia menonton televisi
sarapannya juga tidak habis
saat istirahat vanda
hendak makan siang
vanda sangat terkejut
uang di dalam tasnya hilang
vanda berpikir mungkin
uangnya hilang di jalan
gambar 5.6
vanda
mencari
uangnya yang
hilang
74 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
vanda tidak mengancingkan tasnya
karena terburu buru
vanda sedih dan menyesal
atas kejadian itu
vanda menceritakan peristiwa itu
kepada ibu di rumah
ibu menasihati vanda
lain kali jangan suka
buru buru dan teledor
vanda berjanji selalu ingat
nasihat ibu dan
tidak tidur terlalu malam
tersesat di pasar malam
pada suatu malam minggu
vanda dan vandi diajak
ayah dan ibu ke pasar malam
di pasar malam sangat ramai
selain pengunjung
orang berjualan banyak
bermacam macam atraksi digelar
ada atraksi badut
sulap dan akrobat
p e s a n
biasakan
untuk selalu
disiplin
dalam hal
belajar
tidur
makan
dan lain
lain
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 75
gambar 5.7
vandi tersesat
di tengah
keramaian
orang
permainan anak anak
juga banyak digelar
ada komidi putar
mobil senggol
kereta luncur dan lain lain
vanda dan vandi menaiki
beberapa macam permainan
saat mereka sedang asyik
melihat atraksi sulap
vandi hilang dari rombongan
ayah dan ibu mencari
tetapi tidak ada
rupanya vandi mengikuti badut
mengelilingi area pasar malam
ayah melaporkan peristiwa ini
ke bagian informasi
bagian informasi mengumumkan
adanya anak tersesat
beserta ciri cirinya
setelah menunggu di bagian informasi
vandi diantar seorang bapak
76 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
t u g a s
amatilah lingkungan di sekitar rumahmu
catatlah hal hal yang menyenangkan dan
menyedihkan di buku tugasmu
vandi menangis ketakutan
ayah dan ibu menghibur
agar tidak takut lagi
ayah dan ibu mengucapkan
terima kasih pada bapak tersebut
vanda selalu mengajarkan
vandi untuk menghafal
nama orang tua dan alamat rumah
sehingga kalau tersesat
orang yang menemukan
dapat dengan mudah
mengantar vandi ke orang tuanya
p e s a n
ajarkan
adikmu
yang masih
kecil untuk
menghafal
nama
orangtua
dan alamat
rumah
nama orang
tua dan
alamat
rumah
penting
untuk
diingat
olehmu
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 77
r a n g k u m a n
1 peristiwa adalah suatu kejadian yang dialami
oleh seseorang
2 setiap anak pasti mengalami suatu peristiwa
penting di dalam keluarganya
3 peristiwa yang dialami dalam keluarga tidak
selalu menyenangkan tetapi kadang kadang
juga peristiwa yang menyedihkan
4 peristiwa yang menyenangkan patut diingat
dan menjadi semangat dalam menjalani
kegiatan
5 peristiwa yang tidak menyenangkan dapat
dipakai sebagai peringatan untuk lebih
waspada dan berhati hati dalam menjalani
kegiatan
6 berbagai peristiwa penting yang dialami setiap
keluarga berbeda beda
hari raya adalah hari istimewa saat orang
merayakan peristiwa tertentu
menyatakan rasa syukur dengan cara berkumpul
dalam pesta makan malam
t a h u k a h k a m u
78 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
a pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi
tanda silang (x) pada huruf a b atau c
1 apabila kamu mengalami peristiwa
seperti gambar di samping yang
kamu lakukan adalah . . . .
a menuruti kemauan orang itu
b menolak kemauan orang itu
c berlari dan berteriak
2 vandi menderita sakit dan diberi
suntikan oleh dokter setelah sembuh
vandi akan . . . .
a hati hati menjaga kesehatan
b takut pada dokter
c takut pergi ke rumah sakit
3 apabila kamu mengalami peristiwa
seperti gambar di samping yang
kamu lakukan adalah . . . .
a menangis ketakutan
b mencari orangtua sampai ketemu
c minta tolong pada orang lain untuk
mengantar pada orangtuamu
evaluasi
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 79
4 peristiwa di bawah ini yang
menyenangkan bagi ardan adalah
. . . .
a
b
c
80 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
5 peristiwa yang menyedihkan bagi viki
adalah . . . .
a
b
c
b jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1 berilah contoh peristiwa menyenangkan yang pernah
kamu alami
2 berilah contoh peristiwa menyedihkan yang pernah
kamu alami
3 beri contoh peristiwa menyenangkan yang pernah
dialami temanmu 2 saja
4 beri contoh peristiwa menyedihkan yang pernah
dialami anggota keluargamu
5 peristiwa menyedihkan apakah yang membuat
kamu merasa ketakutan
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 81
c jodohkan gambar di sebelah kiri dengan
pernyataan di sebelah kanan
1 a peristiwa menyenangkan
yang dialami ayah
2 b peristiwa menyedihkan
yang dialami anak
perempuan
3 c peristiwa menyedihkan
yang dialami anak laki laki
4 d peristiwa menyedihkan
yang dialami ibu
5 e peristiwa menyenangkan
yang dialami anak laki laki
82 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
no setuju
1
2
3
4
pernyataan tidak
setuju
bila adikmu tersesat kamu
akan memarahinya
alfin menderita sakit
ia minum obat dengan
teratur meskipun obatnya
pahit
lidia pernah salah mengambil
barang orang sewaktu
disuruh belanja ibunya
lidia sekarang tidak mau
disuruh ibunya lagi
riki dihukum ibu guru
karena lupa mengerjakan
pr
riki marah marah pada
ibunya karena ibunya tidak
mau membantu mengerjakan
pr
d uji sikapmu
berilah tanda (��) tentang sikapmu terhadap
pernyataan di bawah ini
bab 5 peristiwa penting dalam keluarga 83
no pernyataan setuju
tidak
setuju
5
e bermain sejenak
mainkan sandiwara berikut bersama dua orang
temanmu
peran anak 1 anak yang tersesat
peran anak 2 orang yang menolong
peran anak 3 petugas keamanan
anak 1 kelihatan bingung mencari jalan pulang
mondar mandir
anak 2 ada apa dik kok kelihatan bingung
anak 1 saya lupa jalan pulang pak
saya tersesat
anak 2 siapa namamu
siapa nama orang tuamu
dan di mana alamatmu
maria berulang tahun
ibu dan ayahnya hanya
memberinya selamat
maria sangat senang
meskipun tidak mendapat
hadiah
84 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
anak 1 nama saya dwiki
orang tua saya budiman
alamat saya jalan simpang lima nomor 8
kampung baru
anak 2 aduh alamat itu jauh dari sini saya antar
ke pos polisi saja ya
anak 1 baik pak terima kasih
anak 2 menggandeng anak 1 ke pos polisi
anak 2 permisi pak saya mengantar anak yang
tersesat
anak 3 baik pak tolong berikan data data anak ini
sambil mencatat dalam buku
anak 2 saya permisi pak
anak 3 baik pak terima kasih
biar petugas yang mengantar anak ini
pulang ke rumahnya
letak rumah ditunjukkan dengan denah
denah berisi posisi dan alamat
denah dilengkapi arah utara selatan
denah memudahkan untuk mencari alamat
setelah mempelajari materi pada bab ini
diharapkan kamu dapat mendeskripsikan
letak rumah
kata kunci
• denah
• alamat
peta konsep
letak rumah
bab 6
pasar pos polisi apotik pertokoan
kantor
ayah
jl. teuku umar jalur angkutan umum
jl. demak
sungai
kelurahan
puskesmas
jl. sindoro
kampung
sungai
jl. pajajaran
jl. mataram
bank pertokoan
lapangan
rumah
fauzan
kampung
letak rumah
denah
dicari melalui
alamat
��
��
bab 6 letak rumah 85
86 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
saat memasuki jalan menuju rumah
biasanya didapati
papan nama jalan
atau nama kampung
deretan rumah akan terlihat
nomor urut rumah
nomor rumah dipasang
di depan rumah
tulisannya cukup besar
dengan nomor urut rumah
akan memudahkan mencari
alamat rumah
6
gambar 6.1 rumah
dengan nomor urut 6
bab 6 letak rumah 87
a alamat rumah
letak rumahku
rohadian murid kelas I
rohadian tinggal di perumahan
mutiara indah jalan semeru 5
rumah rohadian di sebelah kiri
jalan masuk
dekat dengan sekolah
toko pos polisi bank
dan puskesmas
apabila pergi ke kantor
ayah mengendarai sepeda motor
apabila ke pasar atau toko
ibu bisa jalan kaki
rohadian ke sekolah naik sepeda
rohadian sangat kerasan
tinggal di rumah itu
lingkungannya bersih
tetangganya ramah dan rukun
di komplek perumahan itu
kerja sama dan gotong royong
88 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
sangat diutamakan
teman sebaya rohadian
juga sangat banyak
mereka bermain dan
belajar bersama
jl. raya
komplek
perumahan mutiara
indah
kantor
ayah
pos polisi sekolah lapangan
jl. sumbing
jl. semeru
pasar toserba komplek pertokoan bank bank
rumah
rohadian
komplek pertokoan
kelurahan
puskesmas
jalur angkutan umum jl. hasanudin
gambar 6.2 denah rumah rohadian
bab 6 letak rumah 89
rumah temanku
teman sebangku rohadian
bernama fauzan
fauzan tinggal di kampung sebelah
rohadian belum pernah
ke rumah fauzan
fauzan hanya memberitahu
ia tinggal di jalan mataram
nomor 12 rt 005 rw 11
kelurahan sumber agung
rohadian ingin sekali
bermain ke rumah fauzan
fauzan berjanji mengajaknya
ke lapangan bola
rohadian belum tahu
letak rumah fauzan
rohadian hanya tahu alamat fauzan
rohadian minta tolong ayah
untuk membuat denah
letak rumah fauzan
90 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
sore harinya rohadian
pergi ke rumah fauzan
bersama teman lainnya
karena besok hari minggu
maka ayah mengizinkan
sebelum berangkat
ayah memberi petunjuk
untuk membaca denah
setelah minta izin
rohadian segera berangkat
ibu berpesan agar hati hati
waktu menyeberang
p e s a n
bacalah dan pahamilah dengan saksama
denah letak suatu tempat
sebelum kamu berangkat ke tempat itu
bab 6 letak rumah 91
t u g a s
catatlah letak rumahmu
menghadap ke mana
terletak di jalan apa
dekat dengan tempat umum apa saja
jarak dengan sekolah berapa km
tanyakan pada ayah atau ibu bila ada kesulitan
gambar 6.3
denah
perumahan
fauzan
pasar pos polisi apotek pertokoan
kantor
ayah
jl. teuku umar jalur angkutan umum
jl. demak
bank pertokoan
lapangan
rumah
fauzan
sungai sungai
kelurahan
puskesmas
jl. pajajaran
jl. sindoro
kampung
jl. mataram
kampung
92 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
b fungsi alamat
fungsi alamat untuk mengetahui
letak rumah seseorang
selain itu alamat bisa juga
untuk mengirimkan surat wesel
telegram dan barang
apabila tidak memahami alamat
dengan jelas
kemungkinan akan tersesat
surat wesel telegram dan barang yang
dikirim tidak sampai
simaklah cerita berikut ini
keliru jalan
rohadian dan teman teman
menuju rumah fauzan
anak anak terlihat gembira
bisa bersepeda dengan
jarak yang cukup jauh
hal itu merupakan
pengalaman baru mereka
bab 6 letak rumah 93
sepanjang jalan mereka
membaca papan nama
kantor toko wartel warung dan
sebagainya
tak terasa mereka sudah
menelusuri rumah fauzan
sampai di perempatan
kebetulan lampu menyala hijau
mereka melaju terus mengikuti
kendaraan lain
seharusnya mereka belok kanan
tapi mereka lurus
hingga masuk jalan demak
setelah jauh rohadian curiga
mereka berhenti dan mengambil
denah yang dibawa rohadian
seharusnya mereka melewati
jalan teuku umar
untuk menuntun sepeda seperti pesan
ayah
p e s a n
apabila
kamu
tersesat di
tengah
jalan malu
untuk
bertanya
dan takut
ditipu
lebih baik
bertanya
pada polisi
atau
petugas
keamanan
yang lain
94 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
gambar 6.4
anak anak bertanya pada
pak polisi
tomas bertanya kepada seseorang
letak jalan teuku umar
orang itu menyarankan agar mereka
bertanya pada polisi
rohadian bertanya kepada polisi
sekaligus minta tolong untuk
menyeberangkan mereka
karena jalan ramai
setelah papan nama
jalan mataram kelihatan
mereka segera menemukan
rumah fauzan
fauzan sangat senang
didatangi teman teman
mereka menuju lapangan
untuk bermain bola
bab 6 letak rumah 95
surat yang kembali
sore itu di teras depan
rohadian sedang membaca majalah
anak anak
tiba tiba pak pos datang
sambil menerima surat
rohadian bertanya
dari mana surat itu
kata pak pos
surat itu kembali karena
alamatnya kurang lengkap
rohadian ingat
seminggu yang lalu
ia mengirim surat kepada fani
gambar 6.5
rohadian
menerima
surat dari pak
pos
96 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
ia memperlihatkan surat itu
pada ayahnya
rohadian tidak lengkap menuliskan
alamat fani
rohadian hanya menulis
jalan nomor rt rw dan kelurahan
kata ayah kurang
menuliskan nama kota yang dituju
rohadian mengerti dan mencoba
menulis surat lagi
setelah dibubuhi perangko
rohadian memasukkan surat itu
ke kotak pos terdekat
di sepanjang jalan raya terdapat
tanda tanda lalu lintas
dengan berbagai gambar
hal itu agar dapat dipahami
oleh semua orang
meskipun berbeda bahasa
t a h u k a h k a m u
p e s a n
apabila
kamu
hendak
mengirim
surat
tuliskan
nama dan
alamat
dengan
lengkap
jangan lupa
tempelkan
perangko
yang cukup
bab 6 letak rumah 97
r a n g k u m a n
t u g a s
tulislah sepucuk surat pada saudaramu
atau temanmu dengan minta bantuan kepada ayah
atau ibumu
1 orang yang tinggal di suatu tempat
pasti mempunyai alamat
2 alamat berisi nama jalan nomor
rumah rt rw kelurahan nama kota
atau kabupaten
3 untuk mempermudah menemukan alamat
biasanya disertai dengan denah
4 denah atau peta adalah gambaran mengenai
letak suatu tempat lengkap dengan keadaan
sekeliling dan arah mata angin
5 supaya tidak tersesat maka sebelum mencari
alamat harus membaca denah dengan saksama
6 selain mengetahui letak rumah alamat juga
berfungsi untuk tujuan pengiriman surat wesel
telegram atau barang
7 untuk mengirimkan sepucuk surat harus
dicantumkan nama dan alamat lengkap dengan
kode pos dan perangko secukupnya
98 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
a pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi
tanda silang (x) pada huruf a b atau c
1 untuk mencari letak rumah lebih
mudah menggunakan . . . .
a skala
b peta
c denah
2
papan nama di atas menunjukkan . . . .
a nama rumah
b alamat rumah
c nomor rumah
evaluasi
jl semeru no 5
jl wijaya
bab 6 letak rumah 99
3
rumah dewi menghadap ke . . . .
a barat
b timur
c selatan
4 letak rumah adit tepatnya . . . .
a di sebelah kiri apotek
b di sebelah kanan pos polisi
c berhadapan dengan pasar
rumah
dewi
kampung pos
polisi
bank pasar
kampung
rumah apotek toko
adit
jalan mataram
jalan teuku umar
100 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
5 tanda panah ke atas yang sering
terdapat pada peta menunjukkan
arah . . . .
a selatan
b utara
c timur
b jodohkan pernyataan di sebelah kiri dengan
pernyataan di sebelah kanan
1 untuk mempermudah a kelurahan
mencari alamat
2 biaya pengiriman surat b kantor pos
3 tempat pemeriksaan
kesehatan c denah
4 ayah akan memperpanjang
ktp d puskesmas
5 kakek biasa mengambil
uang e perangko
bab 6 letak rumah 101
c jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1 sebutkan cara mencari alamat
seseorang
2 alamat yang lengkap berisi apa saja
sebutkan
3 di sebelah mana kendaraan berjalan
di jalan raya
4 sebutkan kegunaan alamat
5 apa saja kelengkapan yang terdapat
pada sampul surat
d uji keterampilan
1 buatlah denah rumahmu dan denah
rumah temanmu yang terdekat
kemudian ceritakan caranya bisa
sampai ke rumah temanmu tersebut
102 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
2 denah sekolah rifki
gambar di atas adalah denah sekolah
rifki
rifki akan pulang ke rumah
tunjukkan dengan menggunakan
anak panah jalan yang harus dilalui rifki
setelah itu beri warna merah untuk
tempat pertokoan
warna kuning untuk tempat perkantoran
dan warna hijau untuk fasilitas umum
swalayan
gereja
kampung
pasar
toko
hotel
kantor
taman
kampung
wartel
kantor
masjid
kantor
penerbit
rumah rifki
toko
toko
taman
toko
kampung
sungai
salon
pabrik
dealer
wartel
toko
toko
toko
toko
masjid
sekolah
rumah yang kita tempati harus sehat
kita harus selalu menjaga kebersihan rumah
syarat rumah sehat harus ada ventilasinya
rumah sehat membuat betah penghuninya
setelah mempelajari materi pada bab ini
diharapkan kamu dapat menjelaskan
lingkungan rumah sehat dan perilaku
dalam menjaga kebersihan rumah
kata kunci
• lingkungan
• rumah
• kebersihan
• kesehatan
peta konsep
rumah sehat
bab 7
rumah sehat
terdapat jendela
rapi
bersih
ciri cirinya
��
��
��
bab 7 rumah sehat 103
104 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
rumah diperlukan setiap manusia
karena rumah adalah
kebutuhan utama manusia
rumah yang sehat
tidak harus besar
rumah sehat adalah rumah
yang bersih dan rapi
gambar 7.1 rumah sehat tertata
rapi dan bersih
bab 7 rumah sehat 105
a ruang dalam rumah
ruangan di rumah andri
rumah bermanfaat untuk istirahat
makan dan belajar
ayah pulang dari kantor
menuju rumah
ibu pulang dari pasar
menuju rumah
rumah adalah bangunan untuk
berteduh dari panas dan hujan
berlindung dari binatang buas
dan orang jahat
biasanya sebuah rumah terdiri atas
tembok kayu atau bambu
disebut dinding
atap dari genting seng
asbes atau rumbia
lantai dari tanah
batu bata atau ubin
jendela dan pintu dari kayu
gambar 7.2
rumah dari
bambu dan
atap rumbia
106 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
rumah zaman dahulu
dibuat sangat sederhana
terbuat dari bambu
dan atap dari rumbia
tidak ada sekat
atau ruang di dalamnya
bentuk rumah sekarang
beraneka macam
dari rumah sederhana
sampai rumah mewah
dalam sebuah rumah biasanya
terdapat berbagai ruangan
teras
ruang tamu
r. makan r. baca
tempat jemuran
garasi
dapur
wc/k.mandi
kamar tidur
kamar tidur
kamar tidur
gudang
gambar 7.3
denah rumah
andri
bab 7 rumah sehat 107
sebagai contoh kita lihat
rumah andri dan tina
rumah andri tidak besar
namun ruangannya lengkap
dari denah tersebut
dapat dilihat
rumah andri terdiri atas
1 ruang tamu
ruang tamu biasanya
terdapat meja dan kursi
dilengkapi hiasan dinding
kalender vas bunga
buffet dan sebagainya
ruang tamu biasanya terletak
di bagian depan rumah
2 ruang keluarga
ruang keluarga biasanya terdapat
televisi dan meja kursi
alas duduk dan sebagainya
ruangan ini biasanya
lebih luas dari ruang lain
108 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
3 ruang makan
ruang makan bersambung dengan
ruang keluarga
di ruang makan biasanya
terdapat meja dan kursi makan
dilengkapi dengan berbagai
perlengkapan makan
ruang makan sebaiknya
dekat dengan dapur
4 dapur
dapur biasanya dekat
ruang makan dan tempat cuci piring
dapur dilengkapi peralatan masak
seperti kompor panci penggorengan
rak piring dan lain lain
dapur biasanya tidak terlalu luas
5 ruang tidur
ruang tidur terletak di
bagian dalam rumah
ruang tidur dilengkapi dengan
peralatan tidur seperti
bab 7 rumah sehat 109
tempat tidur bantal
guling dan selimut
di ruang tidur terdapat
almari meja kecil atau meja belajar
ruang tidur biasanya lebih dari satu
sesuai jumlah anggota keluarga
6 tempat cuci
ruangan ini dekat dengan
kamar mandi atau dapur
letaknya di belakang atau
di samping rumah
dilengkapi dengan peralatan cuci
seperti sabun sikat penggosok
dan alas cuci
7 kamar mandi dan wc
kamar mandi dan wc
biasanya jadi satu
letaknya di belakang atau
di samping rumah
ada juga yang jadi satu
dengan ruang tidur
110 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
kamar mandi dilengkapi
berbagai peralatan mandi
seperti sabun pasta gigi
sikat gigi dan shampo
8 garasi
garasi tempat menaruh kendaraan
letaknya di samping rumah
dengan pintu lebar
ruangan ini luas
tidak ada perabot di dalamnya
garasi terletak di bagian depan rumah
agar kendaraan mudah keluar masuk
9 gudang
gudang terletak di bagian
belakang rumah
tidak terdapat perabot di dalamnya
hanya terdapat barang barang
yang tidak digunakan
gudang biasanya tidak terlalu luas
bab 7 rumah sehat 111
10 ruang belajar atau ruang baca
ruang belajar atau ruang baca
dekat dengan ruang keluarga
ada yang menjadi satu
dengan kamar tidur
dilengkapi meja belajar dan
lampu belajar alat tulis dan buku
ruangan ini harus tenang
dan tidak berisik
t u g a s
gambarkan denah ruangan di rumahmu
mintalah bantuan ayah atau ibumu
p e s a n
biasakan menempatkan barang barang sesuai dengan ruangan
masing masing
112 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
b fungsi dari setiap ruangan
kegiatan di rumah andri
rumah andri mempunyai
berbagai ruangan
ruangan itu dipakai oleh
seluruh anggota keluarga andri
tiap ruang mempunyai fungsi berbeda
ruang tamu fungsinya
untuk menerima tamu
ruangan ini ada di bagian depan
tamu bisa leluasa untuk berbicara
gambar 7.4
ayah dan ibu
sedang
menerima
tamu
bab 7 rumah sehat 113
kedatangan tamu tidak mengganggu
kegiatan keluarga lain
tamu juga tidak terganggu
kegiatan pemilik rumah
ruang keluarga berfungsi untuk
berkumpulnya anggota keluarga
untuk bertukar pikiran dan bersantai
sambil menonton acara televisi
di ruangan ini anak anak
menonton televisi
ayah dan ibu melakukan
kegemarannya seperti membaca
menjahit atau menyulam
ruang makan berfungsi untuk makan
seluruh anggota keluarga
kegiatan makan bersama
menciptakan kerukunan keluarga
sebelum makan bersama
hendaknya berdoa untuk
mensyukuri nikmat tuhan
gambar 7.5
kegiatan
dalam ruang
keluarga
gambar 7.6
kegiatan
makan di
ruang makan
114 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
ruang dapur untuk memasak
dan menyiapkan makanan
dapur biasanya dekat
dengan ruang makan
supaya masakan cepat dihidangkan
dapur harus dijaga kebersihannya
ruangan untuk istirahat
adalah kamar tidur
lampu kamar tidur hendaknya
jangan terlalu terang supaya
gambar 7.7 tidur bisa lebih nyenyak
ibu memasak
di dapur
dibantu tina
gambar 7.8
andri sedang
tidur
bab 7 rumah sehat 115
kamar mandi berfungsi untuk
mandi dan membersihkan badan
supaya badan menjadi
lebih bersih dan segar
mandi dua kali sehari
sehabis bangun tidur
di pagi hari dan sore hari setelah
melakukan kegiatan sehari hari
tempat mencuci pakaian
dan peralatan makan
biasanya terletak di dekat
sumur atau kamar mandi
tempat cuci sebaiknya
dekat dengan dapur
garasi berfungsi untuk
menempatkan kendaraan pribadi
misalnya mobil motor atau sepeda
letaknya di samping rumah
gambar 7.9
tempat cuci
gambar 7.10
garasi tempat
penyimpanan
kendaraan
116 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
gudang digunakan sebagai
tempat menaruh barang bekas
alat alat pertukangan berkebun
serta alat kebersihan
letaknya dekat kamar mandi
ada kalanya anak anak
mempunyai ruang belajar sendiri
ruangan ini cukup penerangannya
fungsinya untuk membaca
bekerja atau belajar
suasana ruang belajar harus tenang
gambar 7.12 ruang belajar
gambar 7.11
gudang
tempat
menyimpan
barang bekas
p e s a n
lakukan
kegiatan di
ruang yang
telah
disediakan
supaya
kamu biasa
hidup
tertib dan
teratur
bab 7 rumah sehat 117
t u g a s
jika kamu akan melakukan suatu kegiatan di dalam
rumah sebaiknya dilakukan pada tempatnya
isilah daftar berikut ini
no
1
2
3
4
ruangan kegiatan
mandi
tidur
mencuci sepatu
mandi
kegiatan no ruangan
belajar
makan
menonton tv
bermain
5
6
7
8
c ciri ciri rumah sehat
suasana di rumah andri
rumah andri dan tina
selalu bersih dan sehat
ruangannya lengkap
ada ruang tamu ruang tidur
dan garasi
meskipun tidak mewah
rumah andri memiliki syarat
sebagai rumah sehat
118 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
tiap ruangan ada jendelanya
jendela berfungsi sebagai
pertukaran udara
sinar matahari pagi dapat
memasuki ruangan sehingga
menyehatkan penghuninya
atapnya tidak pernah bocor
ayah andri selalu merawatnya
atapnya dilengkapi dengan plafon
lantainya dari ubin
setiap hari disapu dan dipel
dapur kamar mandi dan wc
tidak pernah bau
karena dibersihkan setiap hari
gambar 7.13
rumah andri
yang sehat
bab 7 rumah sehat 119
rumah andri dilengkapi
teras untuk duduk
bila udara sangat panas
halaman depan ada tanaman hias
dan tanaman buah dalam pot
halaman belakang ditanami cabe
pepaya pandan dan sayuran lain
di rumah andri terdapat
saluran air sehingga air tidak meluap
tempat sampah tertutup dan
tidak dihinggapi lalat
rumah andri bebas pula
dari debu dan kuman
keluarga andri jarang
terkena penyakit
keluarga andri sangat kerasan
tinggal di rumah
mereka sangat bersyukur
mempunyai rumah yang nyaman
p e s a n
biasakan
untuk
menjaga
kebersihan
dan
kenyamanan
rumah
120 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
t u g a s
amatilah rumahmu beri tanda (��) sesuai keadaan
rumahmu
no
1
2
3
4
5
ciri ciri ya tidak
terdapat jendela untuk pertukaran udara
sinar matahari dapat masuk
ada saluran air
ada bak sampah
halaman depan ditanami tumbuhan
d perilaku dalam menjaga kebersihan
rumah
kerja bakti membersihkan rumah
setiap hari keluarga andri
membersihkan rumah
andri membersihkan kamar mandi
wc dan tempat mencuci
orang eskimo di daerah kutub
membuat rumah mereka dari balok
balok es yang ditata menyerupai gunung
hanya ada pintu tanpa jendela
tanpa penyekat ruangan
rumah orang eskimo bernama igloo
t a h u k a h k a m u
bab 7 rumah sehat 121
tina menyapu ruangan dalam
serta menata tempat tidur
ayah mengepel lantai
ibu membersihkan dapur dan
mencuci piring
mereka kerja bakti
tiap hari minggu
mencangkul halaman depan dan
belakang menata gudang
dan sebagainya
dikerjakan oleh ayah dan andri
gambar 7.14
suasana kerja
bakti di rumah
andri
122 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
ibu dan tina mengganti sprei
sarung bantal dan taplak meja
tidak lupa menjemur kasur
mengelap kaca mengganti korden
dan vas bunga
t u g a s
berilah tanda (��) untuk tugas yang dilakukan oleh
keluargamu
no tugas
ayah
tugas
anak
laki laki
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
kegiatan tugas
ibu
tugas
anak
perempuan
membetulkan genting
menyapu halaman
depan
mencangkul kebun
menata tempat tidur
membersihkan dapur
mencuci sepeda
mengepel lantai
menguras bak mandi
memperbaiki saluran
air
menyapu ruang dalam
p e s a n
membersihkan
rumah
secara
bersama
sama agar
pekerjaan
menjadi
ringan
bab 7 rumah sehat 123
no tugas
ayah
tugas
anak
laki laki
kegiatan tugas
ibu
tugas
anak
perempuan
11
12
1 rumah adalah bangunan atau tempat untuk
berlindung dari panas hujan angin
dan ancaman binatang buas serta orang jahat
2 dalam rumah terdapat berbagai ruangan
beserta isi perabot yang berbeda
untuk setiap ruangan
3 setiap ruang mempunyai fungsi
yang berbeda sesuai namanya
4 ciri ciri rumah sehat adalah bersih rapi
dan ada lubang jendela
untuk pertukaran udara
5 setiap anggota keluarga mempunyai tugas
dan kewajiban membersihkan rumah
sesuai kemampuannya
r a n g k u m a n
menata perabotan
menata gudang
124 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
a pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi
tanda silang (x) pada huruf a b atau c
1 atap rumah pada zaman dahulu
terbuat dari . . . .
a rumbia
b genting
c keramik
2 ayah dan ibu menerima tamu di . . . .
a
b
c
evaluasi
bab 7 rumah sehat 125
3 tempat untuk menaruh sepeda motor
atau mobil adalah . . . .
a
b
c
4 fungsi gudang untuk menaruh barang
barang di bawah ini . . . .
a cangkul
b panci
c bantal
5 ruangan belajar suasananya harus
. . . .
a tenang
b ramai
c meriah
126 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
6 tempat menyimpan barang barang
bekas adalah . . . .
a lemari
b gudang
c tempat sampah
7 kamar mandi berfungsi untuk . . . .
a tidur
b memasak
c mandi
8 rumah zaman dahulu terbuat dari
. . . .
a bambu dan atap rumbia
b ranting dan atap daun daunan
c batubara dan atap genting
9 rumah yang sehat harus ada . . . .
a kamar tidur
b jendela
c taman
10 rumah andri bersih sehingga bebas
dari . . . .
a debu dan kotoran
b asap kendaraan
c daun berguguran
bab 7 rumah sehat 127
b jodohkan gambar di sebelah kiri dengan
pernyataan di sebelah kanan
1 a ruang tidur
2 b ruang tamu
3 c perlengkapan
kamar mandi
4 d ditaruh di garasi
5 e peralatan dapur
128 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
c jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1 ceritakan tata cara makan yang baik
2 sebutkan ciri ciri rumah yang sehat
3 sebutkan peralatan yang terdapat di
ruang tidur
4 siapa saja yang berkewajiban
membersihkan rumah
5 sebutkan peralatan yang terdapat
dalam ruang belajar
d uji keterampilan
rumah ardina tidak luas
semua tempat dan halaman sudah
disemen
ardina menginginkan halamannya
penuh dengan
bunga dan tanaman
hiasan lain apa yang sebaiknya
ditambahkan ardina agar rumahnya
sejuk dan rindang
bab 7 rumah sehat 129
e bermain sejenak
mendatar
1 tempat untuk tidur
2 ibu memasak di
3 yang dipel bibi
menurun
4 untuk keluar masuk rumah
5 tempat mobil motor
6 baju dicuci supaya
5
1
6
2 4
3
130 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
a pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda
silang (x) pada huruf a b atau c
evaluasi akhir tahun
1 nama alamat umur dan jenis kelamin
siswa disebut . . . .
a fakta
b data
c identitas
2 penduduk yang menempati rumah
baru pertama kali harus melapor
pada . . . .
a rt
b kelurahan
c polisi
3 seseorang yang sudah berusia 17
tahun atau sudah menikah wajib
memiliki . . . .
a ktp
b paspor
c sim
4 gambar kartu di samping wajib dimiliki
oleh . . . .
a setiap keluarga
b setiap siswa
c setiap manula
PEMERINTAH KOTA DENPASAR
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 2 DENPASAR
JL. GATOT SUBROTO NO. 320
DENPASAR
30 Juni 2008
Nama Sekolah :
Alamat Sekolah :
Masa Berlaku s/d:
evaluasi akhir tahun 131
5 biodata seseorang sangat berguna
apabila orang itu . . . .
a belanja di toko
b mencari pekerjaan
c pergi ke resepsi
6 mengambil sendiri barang barang
sesuai keperluan dan dibayar di
kasir merupakan ciri . . . .
a belanja di pasar
b belanja di warung
c belanja di swalayan
7 pengalaman seperti di bawah ini
biasanya dilakukan dengan ayah . . . .
a belanja di pasar
b membuat kue donat
c menonton sepak bola
8 pengalaman yang biasa dilakukan
dengan pemain musik adalah . . . .
a belajar main gitar
b membuat bunga plastik
c belajar menari
9 semakin banyak pengalaman maka
anak anak semakin . . . .
a manja
b pandai
c malas
132 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
10 pengalaman yang bisa dilakukan
oleh anak seusiamu adalah . . . .
a belajar menjahit baju
b belajar membuat rumah
c belajar membuat layang layang
11 ayah sayang pada keluarganya
maka ayah . . . .
a membelikan mainan yang mahal
b membelikan makanan yang enak
enak
c membelikan rumah untuk
keluarga
12 salah satu contoh kasih sayang ibu
pada keluarganya adalah . . . .
a membuat rumah terasa nyaman
b ikut bekerja dengan ayah
c menunggu anak anak sekolah
13 cara anak anak membalas kasih
sayang kedua orangtuanya yaitu . . .
a memberikan mereka uang
b ikut bekerja mencari nafkah
c belajar dengan rajin
14 nenek membuat kue lumpur untuk
fadli berarti nenek sayang pada . . . .
a cucu
b ibu
c kakek
evaluasi akhir tahun 133
15 paman sayang pada serli maka
paman . . . .
a mengajak serli bermain
sepanjang hari
b tiap hari mengajak serli pergi
c membantu serli dalam belajar
16 tujuan pak rt mengunjungi keluarga
niko adalah . . . .
a mencatat data penduduk
b sekedar bermain
c kebetulan lewat
17 bibi dan nenek tinggal bersama
keluarga rohadian maka ayah . . . .
a mencatat sendiri perubahan
dalam kk
b melaporkan pada pak rt dan
kelurahan
c diam saja karena hal yang biasa
18 nenek membuat syal untuk diberikan
kepada . . . .
a pembantu
b tetangga
c cucunya
134 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
19 gambar di samping adalah wujud
kasih sayang . . . .
a dari kakek untuk nenek
b dari kakek untuk ibu
c dari kakek untuk cucunya
20 rino anak yang baik maka yang
dilakukan rino . . . .
a mencontek pekerjaan
b belajar sendiri
c minta tolong bibi membuat pr
21 nenek sudah tua segala keperluannya
harus diperhatikan oleh . . . .
a ayah
b ibu
c seluruh anggota keluarga
22 pengalaman ini biasa dilakukan
dengan . . . .
a kakek dan nenek
b tetangga
c adik
23 pengalaman ini biasa dilakukan
dengan . . . .
a teman teman
b saudara
c keluarga
evaluasi akhir tahun 135
24 gambar di samping merupakan
peristiwa . . . .
a penting
b menyenangkan
c tidak menyenangkan
25 bertamasya bersama keluarga
mempunyai manfaat . . . .
a menghemat ongkos
b menyegarkan pikiran
c bermewah mewah
26 vanda buru buru berangkat sekolah
sambil menutup tas karena teledor
maka . . . .
a uang vanda hilang
b tas vanda sobek
c buku vanda rusak
27 vandi pernah tersesat di pasar
malam yang dilakukan vandi setelah
itu . . . .
a malu pergi ke pasar malam
b takut diajak pergi
c hati hati bila diajak pergi
136 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
28 rumah dimas pernah kebanjiran yang
dilakukan keluarga dimas selanjutnya
. . . .
a membangun rumah bertingkat
b membuang sampah yang benar
c pindah rumah
29 salah satu contoh kasih sayang ibu
kepada keluarga adalah . . . .
a makan di warung sendirian
b menunggu anak anak sekolah
c piknik dengn teman temannya
30 bila kamu tersesat dan tak tahu jalan
pulang maka sebaiknya . . . .
a diam di tempat sambil menunggu
orang lewat
b berusaha telepon ke rumah atau
saudara
c berteriak minta tolong
31 nenek membuat syal menggunakan
bahan dari . . . .
a kain
b kapas
c benang wol
evaluasi akhir tahun 137
32 nama kakak akbar yang pandai
berenang yaitu . . . .
a fatir
b dido
c andi
33 di rumah nenek anisa membantu
membuat . . . .
a kue bolu
b menggoreng kacang
c tape ketan
34 jika kamu ingin pergi ke luar negeri
harus mempunyai . . . .
a ktp
b paspor
c sim
35 untuk menuju ke rumah teman agar
tidak tersesat menggunakan . . . .
a kompas
b globe
c denah
138 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
b jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat
1 apa saja yang perlu dicatat dalam
membuat kartu keluarga
2 sebutkan kegunaan ktp bagi
pemiliknya
3 pengalaman apa saja yang pernah
kamu lakukan bersama kakek
4 sebutkan cara kamu menyayangi
ayah atau ibumu
5 sebutkan manfaat hidup rukun dalam
keluarga
6 apa gunanya ruang tamu
7 sebutkan cara memelihara
kebersihan rumah
8 apa kegunaan alamat rumah
9 sebutkan macam macam peristiwa
yang menyenangkan dalam
hidupmu
10 sebutkan contoh kerukunan dalam
keluarga
glosarium 139
glosarium
administrasi kegiatan kantor dan tata usaha
asbes atap dari benda yang tidak mudah
menjadi abu
atraksi pertunjukan
bendungan bangunan penahan atau penimbunan
air untuk irigasi
blangko isian kosong
buffet lemari tempat makanan minuman atau
hiasan
ekspor menjual barang ke luar negeri
favorit kesayangan kegemaran
garasi kandang mobil atau kendaraan
identitas ciri ciri atau keadaan khusus seseorang
impor membeli barang dari luar negeri
informasi keterangan
infus suntikan untuk menambah cairan tubuh
kail sekerat kawat yang ujungnya berkait
dan tajam untuk menangkap ikan
kasir orang yang bertugas menerima dan
membayarkan uang
lahap makan banyak banyak
lansia lanjut usia
layak patut pantas
140 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
menu tata makanan
menyulam membuat hiasan pada kain dengan
benang sulam
perangko tanda pembayaran biaya pos
plafon lapisan atap
rumbia pohon palem penghasil sagu dan
daunnya bisa dibuat atap
sukses berhasil beruntung
syal selendang
telegram pengiriman tulisan jarak jauh
terharu kasihan atau iba karena mendengar
atau melihat sesuatu
troli keranjang tempat meletakkan barang
belanjaan di swalayan
wartel warung telekomunikasi
wesel tanda pengiriman uang melalui kantor
pos
daftar pustaka 141
Gayo, Iwan. 2003. Buku Pintar Senior. Jakarta: Upaya
Warga Negara.
Hendra Yuliawan. 2006. Kamus Lengkap Bahasa
Indonesia. Surakatya: Pustaka Mandiri.
Ichtiar Baru Van Hoeve. 2000. Ensiklopedia Indonesia.
Jakarta
Joyo, Iwan. 2000. Buku Pintar Junior. Jakarta.
Koentjaraningrat. 2004. Manusia dan Kebudayaan di
Indonesia. Jakarta: Djumbatan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta:
Depdiknas.
Sigar, Edi. 2003. Buku Pintar Indonesia. Jakarta:
Pustaka Delapratasa.
Walt Disney’s. 1983. Ensiklopedia. Jakarta: Widyadara.
Wasis widhiono. 1989. Ensiklopedia Nusantara. Nawar
Gempita.
daftar pustaka
142 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
Kunsi IPS 1
Bab 1
A. 1. a 3. b 5. a
B. 1. c 3. b
C. 1. mudah untuk mencarinya
3. jatuh dari sepeda tersesat di pasar malam
5. sebagai alat untuk mendaftarkan sekolah
Bab 2
A. 1. b 3. b 5. c
B. 1. b 3. a 5. c
C. 1. kebijakan guru
3. kebijakan guru
5. kebijakan guru
Bab 3
A. 1. a 3. a 5. a
B. 1. b 3. a 5. c
C. 1. agar kedamaian dan kerukunan tercipta
3. mencari nafkah
5. membantu belajar mengajak bermain bersama
kunci 143
Bab 4
A. 1. a 3. a 5. c
B. 1. c 3. a 5. d
C. 1. berusaha mengajak bermain
3. menenangkan hatinya
5. menghibur
Bab 5
A. 1. b 3. b 5. c
B. 1. b 3. e 5. a
C. 1. kebijakan guru
3. kebijakan guru
5. kebijakan guru
Bab 6
A. 1. c 3. b 5. cb
B. 1. c 3. d 5. b
C. 1. membawa denah letak rumah
3. berjalan di sebelah kiri dan hati hati
5. dengan menulis alamat lengkap dan tidak lupa
nama kota dan kode pos
144 Ilmu Pengetahuan Sosial 1
Bab 7
A. 1. a 3. a 5. a 7. c 9. b
B. 1. c 3. b 5. a
C. 1. sebab dengan bersama akan terjadi komunikasi
yang baik
3. tenang dan bersih
5. tenang
evaluasi akhir tahun
A. 1. c 11. c 21. c 31. c
3. a 13. c 23. c 33. c
5. b 15. c 25. b 35. c
7. c 17. b 27. c
9. b 19. c 29. b
B. 1. nama tempat lahir status laki perempuan
pendidikan
3. kebijakan guru
5. hidup akan tenang damai tenteram
7. - menata letak ruangan sesuai dengan
fungsinya
- membuang sampah pada tempatnya
9. kebijakan guru

0 komentar: