____ Baca Baca: SMK 10 Bhs. Indonesia_Kastam Html BSE_______welcome
Share |

Senin, 01 Maret 2010

SMK 10 Bhs. Indonesia_Kastam Html















i i Aku Mampu Berbahasa Indonesia Kelas X SMK dan MAK Tingkat Semenjana
Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang-undang
Hak Cipta Buku ini dibeli oleh Departemen Pendidikan Nasional dari Penerbit Surabaya
Intellectual Club (SIC)
Aku Mampu Berbahasa Indonesia
Untuk SMK dan MAK Kelas X Tingkat Semenjana
Penulis : Kastam Syamsi
Anwar Efendi
Editor : Ariani Fitria
Perancang Kulit : Gatut P.
Layouter : Lis Trianingsih
Hari S.
Ilustrator : Tri Edie
Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm
410
SYA SYAMSI, Kastam
a Aku mampu berbahasa Indonesia: untuk SMK/MAK kelas X (Tingkat Semenjana)
Kastam Syamsi, Anwar Efendi: editor Ariani Fitria.—Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
vi, 122 hlm.: ilus.; 25 cm.
Bibliografi : hlm. 116-118
Indeks
ISBN 979-462-979-0
1. Bahasa Indonesia-Studi dan Pengajaran I. Judul
II. Efendi, Anwar III. Fitria, Ariani
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2008
Diperbanyak oleh ...
Sambutan i
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-
Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada tahun 2008,
telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk
disebarluaskan kepada masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan
Nasional.
Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan
dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan
untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 34 Tahun 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis/
penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen
Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para siswa dan guru di seluruh
Indonesia.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen
Pendidikan Nasional tersebut, dapat diunduh (down load), digandakan, dicetak,
dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun, untuk penggandaan yang
bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh
Pemerintah. Diharapkan bahwa buku teks pelajaran ini akan lebih mudah diakses
sehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada
di luar negeri dapat memanfaatkan sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para
siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaik-baiknya. Kami
menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran
dan kritik sangat kami harapkan.
Jakarta, Juli 2008
Kepala Pusat Perbukuan
iv Aku Mampu Berbahasa Indonesia Kelas X SMK dan MAK Tingkat Semenjana
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK dan MAK ditujukan untuk
mengembangkan kemampuan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis.
Oleh karena itu, melalui mata pelajaran ini diharapkan agar Anda dapat
mengembangkan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis
beraneka jenis wacana.
Selain itu, mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK dan MAK juga ditujukan
untuk mengembangkan berbagai kemampuan lebih lanjut dalam berbahasa. Oleh
karena itu, diharapkan juga agar Anda menguasai berbagai konsep dasar kebahasaan
beserta penerapannya.
Sehubungan dengan itu, buku Aku Mampu Berbahasa Indonesia ini disusun
dengan memperhatikan pendekatan pembelajaran bahasa yang komunikatif,
apresiatif-kreatif, dan kontekstual. Pendekatan komunikatif menunjukkan bahwa
berbagai materi dan kegiatan yang disusun dalam buku ini diarahkan untuk
mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Pendekatan apresiatif-kreatif
dimaksudkan bahwa buku ini menyediakan sejumlah materi dan kegiatan beraneka
ragam pengalaman bersastra mulai dari mengenal, memahami, dan menghayati
karya sastra Indonesia. Sementara itu, pendekatan kontekstual dimaksudkan bahwa
berbagai materi dan kegiatan, baik bahasa maupun sastra, yang disajikan dalam
buku ini sudah disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan siswa.
Penyusun ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu
penyelesaian hingga diterbitkannya buku ini. Akhirnya, penyusun berharap semoga
buku ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif sumber bahan mata pelajaran
Bahasa Indonesia di SMK dan MAK. Kritik dan saran sangat penulis harapkan demi
penyempurnaan buku ini. Selamat belajar dan terima kasih.
Surabaya, 2008
Penulis
Daftar Isi v
Pelajaran 1
A. Menyimak dan Memahami Lafal, Tekanan, Intonasi,dan Jeda
yang Baku dan yang Tidak Baku .................................................... 2
B. Membaca Cepat (120-150 kata per menit)
untuk Memahami Informasi Tertulis dalam Konteks Bermasyarakat ... 5
C. Melafalkan Kata dengan Artikulasi yang Tepat ................................ 10
D. Menulis dengan Memanfaatkan Kategori atau Kelas Kata .................. 13
Rangkuman ......................................................................................... 17
Uji Kompetensi .................................................................................... 18
Hiburan ........................................................ 1
Pelajaran 2
A. Menyimak untuk Mengidentifikasi Sumber Informasi dan Mencatatnya .. 22
B. Membaca untuk Memahami Informasi Teks Tertulis ......................... 26
C. Memilih dan Menggunakan Kata dan Bentukan Kata yang Tepat
dalam Berbicara (Berpidato) .......................................................... 33
D. Membuat Berbagai Teks Tertulis (Menulis Notulen Rapat) ................ 37
Rangkuman ......................................................................................... 40
Uji Kompetensi .................................................................................... 41
Sosial ........................................................... 21
Kata Sambutan .................................................................................... iii
Kata Pengantar .................................................................................... iv
Daftar Isi ............................................................................................... v
Pelajaran 3
Kesehatan .................................................... 43
A. Menyimak dan Memahami Lafal, Tekanan, Intonasi,dan Jeda
yang Baku dan yang Tidak Baku .................................................... 44
B. Membaca untuk Memahami Informasi Teks Tertulis ........................ 48
C. Mengucapkan Kalimat dengan Jelas, Lancar, Bernalar, dan Wajar .. 52
D. Membuat Berbagai Teks Tertulis dalam Konteks Bermasyarakat
dengan Memilih Ungkapan yang Tepat ........................................... 54
Rangkuman ......................................................................................... 56
Uji Kompetensi .................................................................................... 57
vi Daftar Isi
Pelajaran 6
A. Memahami Informasi 5 FLTeTrtulis dalam Berbagai Bentuk Teks .... 96
B. Menggunakan Kalimat yang Baik, Tepat, dan Santun ...................... 99
C. Memparafrasakan Isi Pikiran Orang Lain yang Didengar .................. 103
Rangkuman ......................................................................................... 106
Uji Kompetensi .................................................................................... 107
Budaya ......................................................... 95
Pelajaran 5
A. Memahami Informasi Tertulis dalam Berbagai Bentuk Teks .............. 80
B. Menggunakan Kalimat yang Baik, Tepat, dan Santun secara Lisan .. 83
C. Membuat Parafrasa dari Teks Tertulis............................................. 88
Rangkuman ......................................................................................... 92
Uji Kompetensi .................................................................................... 93
Teknologi ..................................................... 79
Pelajaran 4
A. Menyimak untuk Memahami Pokok Informasi dan
Mengenal Ragam Bahasanya .......................................................... 60
B. Membaca cepat (230-250 kata per smenit) untuk Memahami Informasi
Tertulis dalam Konteks Bermasyarakat ........................................... 64
C. Melafalkan Kata dengan Artikulasi yang Tepat ................................ 67
D. Menggunakan Kalimat Tanya Secara Tertulis Sesuai Dengan Situasi
Komunikasi .................................................................................... 73
Rangkuman ......................................................................................... 77
Uji Kompetensi .................................................................................... 78
Ekonomi....................................................... 59
Glosarium ............................................................................................. 108
Daftar Pustaka ..................................................................................... 116
Indeks .................................................................................................... 119

0 komentar: